Selasa 16 Agustus 2022, 19:52 WIB

1.631 Narapidana di Papua Dapatkan Remisi dalam Rangka HUT Kemerdekaan

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
1.631 Narapidana di Papua Dapatkan Remisi dalam Rangka HUT Kemerdekaan

ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Ilustrasi: Para narapidana berjemur di bawah sinar matahari.

 

Sebanyak 1.631 narapidana di Papua mendapatkan remisi dari pemerintah dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Anthonius Ayorbaba di Jayapura, Selasa mengatakan, dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI pemerintah memberikan remisi bagi narapidana di seluruh Indonesia. "Untuk Papua total yang menerima remisi sebanyak 1.631 orang dimana dari isi lapas di Papua hari ini berjumlah 2.844 orang," katanya.
 
Menurut Anthonius, dari 1.631 orang tersebut, yang mendapatkan remisi langsung bebas atau Remisi Umum Dua (RU-II) ada delapan orang sedangkan sisanya mendapatkan pengurangan masa hukuman. "Untuk delapan orang yang mendapatkan RU-II terdiri dari pengurangan masa pidana tiga bulan satu orang, dua bulan dua orang, dan sisanya satu bulan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan sedangkan untuk pengurangan masa hukuman terdiri dari satu bulan 266 orang, yang mendapatkan remisi dua bulan 287 orang. "Kemudian untuk remisi tiga bulan 554 orang , empat bulan 279 orang, kemudian remisi lima bulan 197 orang dan enam bulan 44 orang," katanya lagi.
 
Dia menambahkan remisi tersebut merupakan HAK dari narapidana yang harus diberikan ketika menjalankan pidana melebihi enam bulan dan tidak melakukan pelanggaran. "Sehingga dalam setiap momentum HUT Kemerdekaan Indonesia diberikan pengurangan pidana bagi narapidana melalui remisi," ujarnya lagi. (Ant/OL-12)

Baca Juga

dok.ist

Plt Ketua Umum dan Majelis Pakar PPP Matangkan Pemenangan Pemilu 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:08 WIB
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono melakukan rapat bersama Majelis Pakar DPP PPP membahas langkah dan strategi untuk mengantarkan...
MI/Bary F

Paska OTT KPK Respon Ketua MA Dipuji Pengamat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:43 WIB
RESPON Mahkamah Agung (MA) dalam menyikapi terbongkarnya dugaan korupsi yang melibatkan Hakim Agung non-aktif Sudrajat Dimyati dan sejumlah...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Pemuda Katolik Komda Jateng Kecam Kasus Mutilasi di Semarang

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Kamis 29 September 2022, 22:40 WIB
PEMUDA Katolik Komisariat Daerah Jawa Tengah mengecam keras pembunuhan disertai mutilasi dan pembakaran kepada Paulus Iwan Budi beberapa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya