Kamis 21 Juli 2022, 10:30 WIB

PAN Apresiasi Respon Cepat Bawaslu

Sri Utami | Politik dan Hukum
PAN Apresiasi Respon Cepat Bawaslu

MI/Cri Qanon Ria Dewi
 Zulkifli Hasan membagikan minyak gratis bersama anaknya, Futri Zulya Savitri (kanan).

 

FRAKSI Partai Amanat Nasional (PAN) mengapresiasi respon cepat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terhadap pelaporan pelanggaran kampanye ketua umumnya Zulkifli Hasan. Respon cepat Bawaslu tersebut sangat diperlukan untuk menghindari perdebatan dan polemik berkepanjangan di masyarakata. Dengan begitu, pelaporan yang dilakukan dianggap telah selesai.

"Bawaslu sangat bagus. Cepat merespon dan menanggapi. Ada kepastian terhadap tafsir atas UU oleh penyelenggara Pemilu. Memang laporan seperti ini, tidak boleh dilama-lamain. Potensial bikin gaduh dan debat kusir," Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay, Kamis (21/7).

Baca juga: Bawaslu Ingatkan Politisi Tak Kampanye di Luar Jadwal

Namun Saleh menyarankan setiap orang atau kelompok masyarakat tidak dengan mudah atau cepat untuk melaporkan sesuatu yang dinilai sebagai pelanggaran. Perkara yang dimaksud harus dipelajari dan dicermati dengan baik sebelum dilaporkan.

"Kalau belum paham konteks dan tafsir undang-undang (UU), disarankan untuk meminta pendapat para ahli hukum. Terutama ahli hukum yang mendalami UU kepemiluan. Dan lebih baik lagi, yang terlibat dan mengikuti proses pembahasan dan pembentukan UU tersebut," ujarnya. 

Saleh menilai situasi ini bisa dinilai sikap para pelapor yanng kurang paham UU kepemiluan. Bahkan bisa jadi sengaja melakukan pelaporan untuk mencari perhatian dan sensasi. (P-5)

Baca Juga

MI/Duta

Komitmen KIB hadirkan Politik Persatuan Patut Diadopsi Semua Pihak

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:41 WIB
Aditya menilai KIB sepatutnya menerjemahkan tekad dan semangat itu dalam wujud program dan kerangka...
MI/Susanto

Ganjar: OTT terhadap Bupati Pemalang jadi Peringatan Hentikan Korupsi

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:26 WIB
Operasi tangkap tangan (OTT) petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menjadi peringatan bagi...
dok.ist

Saksi Ahli Nizar: Permohonan Praperadilan ke KPK Sah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:50 WIB
AHLI dari kader senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nizar Dahlan menilai laporan permohonan praperadilan kepada KPK sah-sah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya