Sabtu 02 Juli 2022, 10:07 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Tanah Air

 Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
 

PRESIDEN Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Indonesia pada Sabtu ( 2/7) usai melakukan kunjungan kerja ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab (PEA) selama sepekan.

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa kepala negara serta rombongan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 06.25 WIB.

Selama di Jerman, Presiden Jokowi menghadiri KTT G7 sebagai negara mitra sekaligus pemegang presidensi G20. Selain itu, Presiden Jokowi juga melakukan sejumlah pertemuan bilateral, antara lain dengan Kanselir Jerman, Presiden Prancis, Perdana Menteri (PM) India, PM Kanada, dan PM Inggris.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan di Jerman presiden membahas penguatan kerja sama bilateral, perang di Ukraina dan dampaknya terhadap rantai pasok pangan dunia.

Presiden, ujar Retno, menekankan bahwa gangguan rantai pada rantai pasok pangan menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga pangan serta pupuk.

Dari Jerman, Presiden melakukan lawatan dengan misi perdamaian ke Ukraina dengan menempuh perjalanan darat melalui Polandia.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana meninjau reruntuhan gedung terdampak perang di Kota Irpin, lalu menyerahkan bantuan kemanusiaan di salah satu rumah sakit di Kyiv, Ibu Kota Ukraina.

Baca juga: Presiden Kembali ke Tanah Air dari Abu Dhabi

Presiden Jokowi kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, di Kyiv.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan kunjungannya ke Ukraina karena kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

Terkait perang di Ukraina, presiden menegaskan posisi Indonesia yang mendukung penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina.

Dari Ukraina, Presiden Jokowi menuju Moskow, Rusia, dan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Presiden Jokowi menyatakan Indonesia siap menjadi jembatan komunikasi antara Rusia dengan Ukraina. Pada kesempatan itu, presiden meminta ada jaminan keamanan oleh Rusia untuk jalur ekspor pangan dari Ukraina.

Setelah meninggalkan Rusia, presiden melanjutkan kunjungan ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab untuk bertemu dengan sejumlah pengusaha serta investor.

Jokowi juga melalukan pertemuan dengan Presiden PEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan, dan menyaksikan pertukaran dokumen nota kesepahaman tindak lanjut kerja sama antara Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA)yang telah disepakati kedua negara. (Ind/OL-09)

Baca Juga

dok.Ant

Pelaku Obstruction of Justice dalam Kasus kematian Brigadir J, seluruhnya dari DivPropam Polri

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:54 WIB
PELAKU obstruction of justice atau  menghalangi penyidikan dalam kasus pembunuhan Brigadir J seluruhnya dari Divpropam...
dok.ist

FKPP: Suharso Didemo Karena Dinilai Menistakan Kiai dan Pesantren

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:44 WIB
Front Kader Penyelamat Partai (FKPP) berunjurasa di depan Gedung DPP PPP karena ucapan Ketum PPP Suharso Monoarfa dinilai menistakan kiao...
Ist

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Tabur Kebaikan di Lima Provinsi 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:12 WIB
Sahabat Ganjar membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat di Kota Jakarta Barat, Kabupaten Indramayu, Kota Bukittiggi, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya