Selasa 07 Juni 2022, 10:26 WIB

KPK Selisik Penyelewengan Dana Bergulir UMKM

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
KPK Selisik Penyelewengan Dana Bergulir UMKM

Antara
Plt Jubir KPK Ali Fikri

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Kepala Divisi Bisnis II Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) Asep Adipurna pada Senin (6/6). 

Ia diperiksa dalam kasus dugaan korupsi di lembaga pengelola dana bergulir koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (LPBD-UMKM) pada 2012 dan 2013 di Jawa Barat.

"Hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan proses pengajuan hingga pencairan dana bergulir oleh lembaga pengelola dana bergulir koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (LPDB-KUMKM) tahun 2012-2013," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (7/6)

Ali enggan memerinci proses dan total dana yang dicairkan dalam pengelolaan dana bergulir UMKM itu. KPK yakin keterangan Asep menguatkan tudingan penyidik kepada para tersangka dalam kasus ini.

KPK membuka penyidikan kasus baru. Dugaan korupsi yang diusut terkait penyaluran dana bergulir oleh lembaga pengelola dana bergulir koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (LPBD-UMKM) pada 2012 dan 2013 di Jawa Barat.

Lembaga antikorupsi itu sudah menetapkan tersangka dalam kasus itu. Namun, namanya belum dibeberkan ke publik.

KPK baru membongkar identitas para tersangka saat penahanan dilakukan. Masyarakat diminta bersabar sampai waktu penahanan tiba. (OL-8)

Baca Juga

dok.Ant

Pengamat Dorong Firli Geber Kinerja hingga Akhir Jabatan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 08:10 WIB
MENJABAT komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di era transisi pasca revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tidaklah...
dok.ist

KPK Hadiri Sidang Praperadilan yang Diajukan Nizar Dahlan ke PN Jaksel

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 05:40 WIB
SETELAH mangkir dalam sidang praperadilan pertama, kini KPK hadir dalam sidang praperadilan yang ajukan oleh Kader senior Partai Persatuan...
DOK MI

15 Eks Anggota JI Ikrar Setia Kepada NKRI

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:56 WIB
WAKIL Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyaksikan langsung 15 mantan anggota Jamaah Islamiyah (JI) yang ikrar setia kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya