Jumat 03 Juni 2022, 14:22 WIB

Kejagung Jalin Kerja Sama dengan Kejaksaan Palestina

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Kejagung Jalin Kerja Sama dengan Kejaksaan Palestina

MI/M Irfan
Ilustrasi Kejaksaan Agung

 

KEJAKSAAN Agung Republik Indonesia menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Palestina. Kedua institusi telah bertemu pada Selasa (31/5), secara daring dalam rangka melakukan pertemuan pendahuluan preliminary meeting pembahasan kerja sama bilateral. Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung Bambang Sugeng Rukmono bertindak selaku ketua delegasi Indonesia.

Bambang menyambut baik tawaran kerja sama dari pihak Palestina di bidang peradilan. Kerja sama itu nantinya terejawantah dalam pertukaran informasi dalam praktik penanganan perkara pidana, peningkatan kapasitas jaksa melalui pelatihan-pelatihan, dan penanganan perkara pidana sesuai kewenangannya.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana menyebut pihaknya telah menerima first draft dari Kejaksaan Palestina dan menyiapkan counter draft. Kejagung, lanjutnya, mempersilakan pihak Palestina untuk melakukan pembahasan di Indonesia, begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Kejagung tak Soalkan Nihilnya Saksi dari Prancis di Korupsi Garuda

Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun berharap naskah nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) bisa segera disepakati dan dilakukan penandatanganan secara tatap muka oleh Jaksa Agung masing-masing pihak.

Sementara itu, Wakil Jaksa Agung Bidang Penuntutan Palestina mengakui bahwa pihaknya sedang menghadapi berbagai peristiwa pembunuhan dan kejahatan luar biasa.

Oleh karena itu, kerja sama bilateral dengan Kejagung sangat dibutuhkan demi meningkatkan kemampuan jaksa Palestina dalam melakukan penuntutan atas kejahatan-kejahatan berat seperti tindak pidana terorisme dan pencucian uang.(OL-5)

Baca Juga

DOK MI

Pekan Depan LPSK Putuskan Pengajuan JC AKB Doddy Prawiranegara

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 23:13 WIB
LPSK belum mengambil keputusan terkait pengajuan justice collaborator (JC) yang dilayangkan eks Kapolres Bukitinggi AKB Doddy...
ANTARA FOTO/Ampelsa

Tiba di Padang, "Anies Presidenku" menggema di Bandara Internasional Minangkabau

👤Andromeda dan Fajri Fatmawati 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:46 WIB
SAMBUTAN histeris mewarnai kedatangan Anies Baswedan bakal calon presiden Partai NasDem tiba di Padang Pariaman, Sumatera Barat, pukul...
MI/Henri

Badan Otorita Klaim 21 Negara tertarik Investasi di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:11 WIB
Ia mengatakan, dengan banyaknya investor asing bisa merealisasikan target 80% pembiayaan IKN yang berasal dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya