Selasa 10 Mei 2022, 19:31 WIB

Prabowo-Puan vs Ganjar-Anies, Masing-masing punya Keunggulan dan Kekurangan

Mediaindonesia | Politik dan Hukum
Prabowo-Puan vs Ganjar-Anies, Masing-masing punya Keunggulan dan Kekurangan

Dok.Medcom
Ilustrasi

 

PAKAR komunikasi politik Hendri Satri mengatakan, masing-masing pasangan baik Prabowo-Puan maupun Ganjar-Anies memiliki keunggulan dan tantangan tersendiri.
 
“Nah ini sebetulnya, Pak Prabowo elektabilitas paling tinggi karena ada tabungan elektabilitas sebelumnya, Mbak Puan belum populer,” kata dia, di Jakarta, hari ini.

Menjelang pemilihan presiden 2024, bursa calon presiden dan wakil presiden kian menarik dan sejumlah hasil survei mulai menunjukkan siapa-siapa yang berpeluang besar menang di 2024.
 
Pasangan Prabowo-Puan Maharani, misalnya, duet tersebut unggul dalam beberapa survei yang dilakukan, misalnya oleh Saiful Mujani & Consulting dan Center for Political Communication Studies.

Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Anies Baswedan unggul dalam survei yang diadakan Charta Politika dan Indikator Politika. "Sementara untuk pasangan Ganjar-Anies, apakah Anies ganjar peluangnya bisa disatukan, bisa-bisa saja, tetapi beban berat itu bukan di Anies tetapi Ganjar Pranowo," katanya.

Baca juga: Airlangga Capres yang Tepat Sudahi Politik Identitas
 
Sebagai politisi PDI Perjuangan, elektabilitas Ganjar menurut dia paling tinggi dan ditaksir beberapa parpol untuk menjadi capres. Namun sebagai kader, Ganjar harus ikut arahan partai.

Di dalam PDI Perjuangan sendiri, Satrioi mengatakan, disebut-sebut ada dua nama kuat untuk maju sebagai calon presiden, yaitu Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.
 
Ia mengatakan siapapun calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung partai politik, masyarakat ingin --menurut dia-- sosok presiden yang The next Jokowi.
 
Satrio dan lembaga survei KedaiKOPI meluncurkan sinyalemen ada pergeseran kriteria calon presiden. Sebelumnya, masyarakat ingin presiden yang merakyat lalu cerdas, sekarang jadi cerdas dan merakyat.

"Perubahan ini menarik, artinya masyarakat sudah berpindah ke calon presiden yang the next Jokowi. Jadi kalau Jokowi merakyat, sekarang coba dicari yang cerdas dan merakyat,“ kata dia.(Ant/OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/HO/Puspen Kejagung

Kejagung Umumkan Tersangka Baru Kasus Ekposr CPO

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:44 WIB
Lin menjadi tersangka kelima yang ditetapkan oleh penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus...
Antara/HO KBRI Harare

Indonesia Tawarkan Modernisasi Persenjataan ke Zimbabwe

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 17 Mei 2022, 18:29 WIB
“Banyak sekali kepentingan yang disampaikan pemerintah Zimbabwe kepada Indonesia terutama dalam hal kerja sama bilateral,” kata...
MI/Susanto

DPR Bakal Panggil Mendagri Soal Pelantikan 5 Penjabat Gubernur

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Selasa 17 Mei 2022, 16:45 WIB
Doli belum mengungkap hal apa saja yang akan didalami dalam pemanggilan tersebut. Jadwal pemanggilan juga belum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya