Selasa 18 Januari 2022, 23:25 WIB

Politikus PDIP Minta Arteria Dahlan Dievaluasi

Kristiadi | Politik dan Hukum
Politikus PDIP Minta Arteria Dahlan Dievaluasi

MI/M IRFAN
Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan

 


ARTERIA Dahlan mendapat balasan serangan dari rekan separtainya sendiri. Setelah melontarkan ketidaksenangannya terhadap seorang Kepala Kejaksaan Tinggi, gara-gara menggunakan bahasa Sunda dalam rapat kerja, Arteria dikritisi Demi Hamzah.

Demi adalah politikus PDI Perjuangan, yang kini menduduki kursi sebagai anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya. "Pernyataan Arteria tidak mencerminkan dirinya sebagai seorang pemimpin," kritiknya, Selasa (18/1).

Arteria, lanjutnya, tidak memiliki jiwa nasionalisme yang menjunjung tinggi perbedaan suku dan bahasa. "Pernyataannya merugikan Indonesia dalam konteks kebinekaan, persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai orang Sunda, saya sangat prihatin dengan pernyataan Arteria, seorang wakil rakyat."

Dia menilai penggunaan bahasa bukan perkara substansial. Tapi Arteria menyikapinya secara tendesius dan cenderung rasis, sangat tidak proporsional.

"Apa yang dilakukan Kajati itu sangat manusiawi. Ada sejumlah istilah dalam bahasa Sunda yang sulit dicari padanannya dalam bahasa Indonesia," jelasnya.

Demi meminta jangan karena ada masalah pribadi, Arteria menunjukkan sikap tidak profesional. Jika penggunaan bahasa daerah berakibat pemecatan, maka akan ada ribuan pejabat yang harus dipecat.

Dalam banyak rapat, tambahnya, pejabat tidak selalu menggunakan bahasa Indonesia. "Kadang Arab, Inggris dan bahasa daerah lainnya."

Pernyataan Arteria, lanjutnya, sangat melukai banyak orang, terutama warga Jawa Barat. Karena itu, dia meminta DPP PDIP mengevaluasi Arteria Dahlan. (N-2)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR Bakal Gelar RDP Bersama KPU dan Kemendagri Akhir Mei

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 18 Mei 2022, 13:42 WIB
Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera menjelaskan bahwa rapat pembahasan untuk Pemilu 2024 itu akan digelar pada Senin 30 Mei...
Dok Instagram/Medcom.id

Alasan Hamil tidak Pengaruhi Proses Hukum Dea OnlyFans

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 18 Mei 2022, 12:05 WIB
Polisi menyebut proses hukum tersangka kasus pornografi, Gusti Ayu Dewanti atau Dea OnlyFans tetap berjalan, meski dalam keadaan...
ANTARA/ Reno Esnir

Wacana Terdakwa tidak Gunakan Atribut Keagamaan Saat Persidangan Diminta Segera Direalisasikan

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:36 WIB
Penggunaan atribut keagamaan itu dipandang sebagai upaya terdakwa terlihat sudah insaf dari pelanggaran hukum yang dia lakukan serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya