Senin 06 Desember 2021, 17:10 WIB

Satgas Nemangkawi Berhasil Tembak 1 Anggota KKB Papua

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Satgas Nemangkawi Berhasil Tembak 1 Anggota KKB Papua

Medcom.id
Ilustrasi

 

SEORANG anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas tertembak. Anggota KKB itu kena timah panas saat kontak tembak dengan personel Satgas Nemangkawi di Kampung Pisiga, Kabupaten Intan Jaya, Papua sekitar pukul 14.15 WIT, siang tadi.

"Dalam kontak tembak tersebut personil berhasil melumpuhkan satu anggota KKB (meninggal dunia)," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulis, hari ini.

Kamal membeberkan kronologi kontak senjata tersebut. Peristiwa bermula personel Satgas Nemangkawi melakukan penyelidikan keberadaan KKB. Kemudian, terjadi kontak tembak antara personil Satgas Nemangkawi dan KKB. Seorang anggota KKB bernama Marten Belau tewas tertembak.

"Dari hasil penyelidikan satu anggota KKB kelompok Undius atas nama Marten Belau meninggal dunia di tempat," ujar Kamal.

Baca juga: Polri-TNI akan Susun Pola Baru Operasi Nemangkawi 2022

Selanjutnya personil Satgas Nemangkawi kembali ke posko. TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi terus melakukan patroli dan penjagaan di tempat-tempat rawan tindak pidana untuk mempersempit gerak para pelaku kejahatan.

"Pascakontak tembak situasi di Kabupaten Intan Jaya aman dan kondusif," ucap Kamal.

Dia mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Intan Jaya agar tetap aman dan kondusif. Kemudian, dia meminta anggota KKB menyerahkan diri.

"Kepada kelompok- kelompok yang belum sepaham agar segera menyerahkan diri, karena aparat keamanan akan terus melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap para pelaku," ujar Kamal. (OL-4)

Baca Juga

dok.Ant

Vonis Heru Jadi Evaluasi Kejagung Tuntut Benny Tjokro

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:55 WIB
KEJAKSAAN Agung menjadikan vonis majelis hakim kepada Heru Hidayat sebagai bahan evaluasi untuk menuntut Benny Tjokrosaputro dalam perkara...
MI/Susanto

KPK Duga Banyak Penerimaan Suap Bupati Langkat yang belum Diketahui

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 20 Januari 2022, 05:28 WIB
"Barang bukti uang dimaksud diduga hanya bagian kecil dari beberapa penerimaan oleh TRP (Terbit Rencana Perangin...
MI/Susanto

KPK Tahan Bupati Langkat

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 20 Januari 2022, 05:18 WIB
"Dilakukan upaya paksa penahanan oleh tim penyidik bagi para tersangka untuk 20 hari pertama, terhitung mulai 19 Januari 2022 sampai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya