Jumat 03 Desember 2021, 13:36 WIB

Jokowi: Gigit Siapapun yang Melakukan Kejahatan

Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum
Jokowi: Gigit Siapapun yang Melakukan Kejahatan

ANTARA
Presiden Joko Widodo.

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan Polri untuk menegakkan hukum tanpa pandang bulu. Presiden menekankan dalam penegakan hukum perlu ketegasan. 

Hal itu disampaikannya dalam pengarahan kepada para Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 2021 di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/12). 

Baca juga: Yukk Ketahui Tugas dan Wewenang MPR RI

"Artinya sering saya sampaikan memang ketegasan harus. Gigit siapapun yang terbukti melakukan tindak kejahatan pada negara juga masyarakat," tegas Jokowi. 

Presiden menginstruksikan hal itu berkaitan dengan kepuasan publik terhadap bidang hukum. Kepala Negara menyoroti penilaian masyarakat berdasarkan hasil survei yang menunjukkan penurunan. 

Presiden menyebut kepuasan publik terhadap kondisi penegakan hukum pada 2021 ini mengalami sedikit penurunan dibandingkan 2020 dan 2019. 

"Penegakan hukum harus tanpa pandang bulu. Ini dilihat masyarakat lho. Masyarakat itu menilai dan persepsi kepuasan publik itu tercermin dalam setiap survei," ucap Jokowi. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyoroti kebiasaan kapolda maupun kapolres baru kerap sowan ke ormas. Pahadal, imbuh Jokowi, ormas tersebut kerap membuat keributan. 

"Ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Saya tanya ke kapolres, kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif," tutur Jokowi. 

Jokowi mempertanyakan cara-cara kepala kepolisian seperti itu. Menurutnya, sowan ke ormas yang kerap membuat keributan justru seolah-olah menggadaikan kewibawaan kepolisian. 

"Hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibaan. Polri harus memiliki kewibawaan," ucap Jokowi.  (OL-6)

Baca Juga

Dok Kodam IX/Udayana

Panglima TNI Tunjuk Maruli Simanjuntak Jabat Pangkostrad

👤Golda Eksa 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 09:44 WIB
SK tersebut ditandatangani oleh Panglima TNI Jenderal Andika...
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Minyak Goreng Satu Harga Tidak Hadir di Pasar Tradisional

👤Achmad Safuan 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:28 WIB
Pemantauan Media Indonesia Sabtu (22/1) harga minyak goreng kemasan maupun curah berbagai merk masih tinggi Rp18.000-Rp21.000 per liter di...
 BIRO PERS/SETPRES/LUKAS

Sejarawan UGM: Nama Ibu Kota Jangan Hilangkan Aspek Historis

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 21 Januari 2022, 19:40 WIB
Sejarawan UGM Dr Arif Akhyat mengatakan nama ibu kota negara sebaiknya merujuk pada nama wilayah itu sebelumnya, agar tidak hilang aspek...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya