Rabu 29 September 2021, 20:06 WIB

Megawati Terharu Melihat Patung Bung Karno di Semarang

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Megawati Terharu Melihat Patung Bung Karno di Semarang

MI/Adam Dwi
Megawati Soekarnoputri saat meresmikan patung ayahnya, Bung Karno, di depan gedung Lemhanas, Jakarta.

 

PUTRI proklamator Soekarno, Megawati Soekarnoputri, tidak bisa menyembunyikan rasa haru saat meresmikan patung ayahnya di polder Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah. 

Presiden RI ke-5 itu mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjalankan nilai kepahlawanan. "Memang betul beliau bapak biologis saya. Tetapi, beliau juga bapak ideologis saya sebagai warga bangsa," ujar Megawati sambil meneteskan air mata dalam peresmian virtual, Rabu (29/9).

Baca juga: Akar Ideologis Partai Golkar Berasal dari Soekarno

Lebih lanjut, dia mengatakan Bung Karno pernah menyatakan bahwa pahlawan yang sesungguhnya tidak menginginkan pujian. Patung yang baru diresmikan pun diharapkan menjadi pengingat bagi rakyat untuk menghargai dan menjalankan nilai luhur yang diajarkan para pahlawan.

"Kita tahu bunga mawar menyebarkan baunya tanpa menyebut namanya, tapi harum semerbak. Oleh sebab itu, bangsa yang tahu menghargai pahlawannya, bisa menjadi bangsa yang besar. Jangan lupa sejarah dan hargailah pahlawan kita," pungkas Megawati.

Baca juga: Megawati Minta Kader PDIP Tidak Korupsi, Jangan Bikin Malu

Megawati juga menekankan bahwa keberadaan patung Bung Karno dan Taman Makam Pahlawan (TMP) sebagai pengingat bahwa kemerdekaan Indonesia bukan hasil pemberian penjajah. Namun, benar-benar merupakan hasil kerja keras dan perjuangan para pahlawan bangsa.

"Di seluruh negara, mereka selalu punya founding father. Itu kalau benar cara merebut kemerdekaannya, bukan diberikan," katanya.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

FOTO ANTARA/Azhari

Kejagung Tetapkan Tersangka Baru Korupsi Pengadaan Garuda

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:02 WIB
Menurut rencana, pengumuman tersangka baru korupsi Garuda akan dilakukan oleh Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dengan didampingi Menteri...
Ist

Aspek Teknokrasi Melekat Kuat pada Airlangga

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 17:39 WIB
Keunggulan tersebut ialah pada aspek...
Antara

Komisi Kejaksaan Pantau Penyidikan Kasus HAM Paniai

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 17:35 WIB
Komisi Kejaksaan berharap penanganan kasus pelanggaran HAM Paniai dapat berjalan baik. Serta, memenuhi rasa keadilan bagi keluarga korban...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya