Rabu 22 September 2021, 18:37 WIB

Ketua KNPI Terpilih: Pemuda Pewaris Sah Masa Depan Bangsa

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Ketua KNPI Terpilih: Pemuda Pewaris Sah Masa Depan Bangsa

Ist
Ketua Umum KNPI terpilih Raden Andreas Nandi Wardhana (kanan) saat Kongres KNPI XVI di Lombok, NTB.

 

KETUA Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) terpilih, Raden Andreas Nandi Wardhana, mengajak segenap pemuda yang tergabung dalam wadah berhimpun organisasi kepemudaan agar kembali bersatu.

Andre mengungkapkan, sebagai organisasi kepemudaan, KNPI merupakan wadah berhimpun yang memiliki latar belakang dan pendidikan yang sangat plural dan dinamis, sehingga KNPI memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa. 

Menurut dia, tidak mudah membangun sebuah organisasi kepemudaan. Pasang surut organisasi ini telah dilalui. Sehingga dinamika di tubuh organisasi kepemudaan itu cukup dinamis. 

“Oleh sebab itu, kami berharap bahwa Kongres XVI sebagai ajang pemersatu bagi organisasi KNPI yang sempat mengalami perpecahan itu,” kata Andre dalam keterangan persnya, Rabu (22/9).  

Perpecahan di tubuh KNPI, lanjut Andre, bukan hanya berimbas pada organisasi itu sendiri, tetapi juga berdampak pada konflik di tubuh OKP yang ada di bawahnya, karena dukung mendukung kepada salah satu kubu. 

“Oleh karenanya, kami membuka ruang agar pemuda yang terpecah belah agar kembali menyatu dalam wadah berhimpun KNPI Kongres XVI Lombok ini,” imbau Andre.

Sebagai insan ideolog, menurut Andre, sejatinya pemuda harus mampu keluar dari jebakan pragmatis. Sebab, nasib bangsa saat ini dan ke depan tetap menggantungkan peran konstruktif pemuda. Pemuda harus terpanggil untuk membagun kesadaran secara nasional di tengah krisis yang multidimensi ini. 

Untuk itu, kehadiran KNPI dalam panggung nasional ataupun daerah diharapkan mampu memberikan peran dalam rangka mengawal pertumbuhan ekonomi-sosial-budaya. Jadi tantangan yang dihadapi oleh pemuda saat ini cukup kompleks. 

Dia berharap agar KNPI ke depan mampu menjadi agen perubahan yang konstruktif bagi kepentingan bangsa dan negara, kini dan akan datang. Pemuda harus berakal sehat dan cerdas nuraninya. 

“Kedua instrumen ini  akal dan hati akan menjadi penentu hasil yang fantastik. Inilah arah baru KNPI yang perlu direformulasi dalam visi-misi baru KNPI sesuai perkembangan zaman. Karena pemuda pewaris sah masa depan bangsa,” katanya. 

“Dengan mengutip pernyataan proklamator kita Bung Karno yang pernah menegaskan, ‘Kirimkan 10 pemuda terbaik niscaya akan kuguncang dunia’. Sebuah pernyataan spikologis yang membakar karena entitas pemuda memang penuh gelora,” imbuh Andre. 

Dalam potret pemuda yang digambarkan Bung Karno itu, kata Andre, harus menjadi karakter pemuda yang ada dalam KNPI. Pemuda KNPI haruslah responsif, berkarakter, berdidikasi, berakhlak mulia termasuk kemampuan menghargai aneka kebhinekaan dengan tulus, bukan kepura-puraan. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Moh Irfan

Ancaman Terorisme Menyasar BUMN

👤Sri Utami 🕔Selasa 25 Januari 2022, 15:48 WIB
"Kemudian serangan teror terhadap simbol negara, pemanfaatan platform media sosial dan ancaman infiltrasi jaringan teror ke...
ANTARA FOTO/HO/Setpres/Agus Suparto

Pertemuan Jokowi dengan PM Singapura berlangsung di Bintan

👤Andhika prasetyo 🕔Selasa 25 Januari 2022, 15:48 WIB
Dalam suasana bersahabat, keduanya berjalan kaki menuju veranda untuk melakukan pembicaraan...
Antara

Basuki: Pembangunan Ibu Kota Baru belum Masuk DIPA

👤Putri Lukman/Febry Septiyan (Metro TV) 🕔Selasa 25 Januari 2022, 15:34 WIB
Seluruh anggaran harus mendapat persetujuan dari Komisi V DPR dan disiapkan oleh Kementerian Keuangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya