Minggu 12 September 2021, 17:41 WIB

Lestari Moerdijat Optimistis dengan Bersatu Bisa Hadapi Pandemi

Supadji Rasban | Politik dan Hukum
Lestari Moerdijat Optimistis dengan Bersatu Bisa Hadapi Pandemi

MI/Supardji Rasban
Sosialisasi Empat Pilar bersama pengurus DPD Partai Nasdem di Kabupaten Brebes Jawa Tengah

 

WAKIL Ketua MPR RI Lestari Moerdijat optimistis dengan bersatu bangsa Indonesia bisa menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi harus menjadi momentum untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan.

Hal itu disampaikan Rerie, sapaan Lestari Moerdijat saat menjadi pembicara utama dalam Sosialisasi Empat Pilar bersama pengurus DPD Partai Nasdem di Kabupaten Brebes Jawa Tengah, dan simpatisan serta masyarakat umum di Islamic Center Brebes, Minggu (12/9).

"Konsensus kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, telah menjadi perekat bangsa dan sudah teruji dalam menghadapi krisis sejak Indonesia merdeka tahun 1945," ujar Rerie.

Rerie menuturkan karakter bangsa diturunkan dari empat konsensus kebangsaan yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Karakter bangsa itu antara lain saling hormat menghormati, rasa kebersamaan dan tolong menolong, rasa persatuan dan kesatuan, rasa peduli dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sikap dan perilaku yang menggambarkan nilai-nilai kebangsaan," tuturnya.

Menurut Rerie karakter berbangsa ini diuji dalam hidup bermasyarakat terutama saat menghadapi tantangan seperti halnya pandemi Covid-19.

 "Dan ini merupakan tantangan yang tidak mudah," terangnya.

Baca juga : Pemerintah Diminta Tanggapi Petisi Vaksin dengan Bijak

Rerie memberi contoh dampak Covid-19 di Jawa Tengah. Pengangguran terbuka pada Februari 2021 tercatat naik 5,59%, atau 1,12 juta dibandingkan pada sebelum pandemi Februari 2020. Sebanyak 11.438 pekerja di-PHK di Jateng. Selain itu, 5.400 anak di Jawa Tengah kehilangan orangtua karena Covid-19.

"Pandemi Covid-19 pasti berlalu dan Manusia pasti bertahan, sebagian hidup dalam dunia yang berbeda," ucapnya.

Ia berpandangan bahwa keputusan sekarang sangat menentukan masa depan. "Kita tidak hanya berhadapan dengan wabah, tetapi juga ujian terhadap kemanusiaan," kata Rerie.

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Brebes Sony Partono, menyampaikan kita memang sedang mengendus adanya kasus-kasus terkait radikalisme.

"Karenanya melalui sosialisasi Empat Pilar harus terus dilakukan kepada masyarakta luas," ujar Sony.
Menurut Sony bibit-bibit radikalisme bisa diindikasikan dengan adanya teroris-teroris yang ditangkap Densus 88 dan itu berulangkali terjadi seperti tidak ada habis-habisnya.

"Makanya toleransi tetap harus tetap berjalan. Makanya kebhinekan dari semua suku ras atau agama tetap harus kita pertahankan," jelas Sony.

Dalam sosialisasi Empat Pilar di gedung pertemuan Islamic Center Brebes tersebut, sekaligus juga digelar diskusi yang membahas tentang pendidikan politik menghadirkan Tenaga Ahli Fraksi Nasdem, Adhi Darmawan dan pengusaha asal Brebes, H.Tarwanto. (OL-2)

Baca Juga

MI/Susanto

Pemangkasan Tahapan Pemilu Harus Lewat Revisi UU

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 17 September 2021, 13:29 WIB
Untuk menyederhanakan tahapan seperti memotong masa kampanye yang dianggap terlalu panjang, perlu ada perubahan terhadap Undang-Undang No....
Dok kemenko perekonomian

Airlangga Cek Vaksinasi Santri dan Sowan ke Habib Luthfi di Pekalongan

👤RO/Micom 🕔Jumat 17 September 2021, 11:45 WIB
Kunjungan ke Habib Lutfi adalah silaturahmi murid ke...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Alex Noerdin Di-back Up Golkar, Kejagung: No Problem

👤 Tri Subarkah 🕔Jumat 17 September 2021, 10:48 WIB
Kejagung tidak menyoalkan bantuan hukum yang ditawarkan Partai Golkar terhadap mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang baru...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya