Minggu 15 Agustus 2021, 14:35 WIB

Jawab Tantangan Bernegara, Rerie: Perlu Bangkitkan Komitmen Bersama

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Jawab Tantangan Bernegara, Rerie: Perlu Bangkitkan Komitmen Bersama

Dok. MI
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat memberikan sambutan HUT Metro TV.

 

KOMITMEN bersama semua elemen bangsa harus terus dibangkitkan dalam upaya menjawab sejumlah tantangan bernegara saat ini dan masa depan.

"Hingga saat ini, kita sebagai satu bangsa masih menghadapi tantangan di berbagai bidang dalam menjalankan kehidupan bernegara," ujar Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan resmi, Minggu (15/8).

Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-76, lanjut Lestari, tantangan terbesar yang dihadapi saat ini adalah membangun komitmen yang kuat. Khususnya, dari setiap anak bangsa untuk menuntaskan berbagai tantangan yang dihadapi negara.

Oleh karena itu, berbagai tantangan harus segera diatasi, agar kehidupan bangsa dan negara bisa kembali berjalan sesuai rencana. Dalam hal ini, untuk menggapai cita-cita yang dicanangkan para pendiri bangsa.

Baca juga: Istana Gelar Geladi Kotor Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Tantangan yang harus segera diatasi, yakni membebaskan bangsa dari pandemi covid-19. Menurutnya, hingga saat ini, wabah covid-19 belum sepenuhnya terkendali.

Rerie, sapaan akrab Lestari, menyoroti tantangan lain, yaitu kepastian warga negara mendapat perlindungan dari ancaman kekerasan seksual. Perlindungan yang mendasar atas nama kemanusiaan wajib diberikan negara terhadap warganya.

Namun, hingga 76 tahun Indonesia merdeka, belum ada undang-undang yang memastikan hak dasar tersebut bisa diperoleh setiap warga negara. Demikian juga dengan tantangan di sektor ekonomi, politik, sosial dan budaya, hingga kini terus hadir dengan berbagai bentuk.

Dia menegaskan bahwa sejumlah upaya dalam menghadapi berbagai tantangan tengah dilakukan pemangku kepentingan dengan berbagai strategi. Mulai dari pemberlakuan PSBB, PPKM, PPKM darurat, hingga PPKM level 1-4. Sejumlah kebijakan pemerintah dikatakannya untuk mengendalikan penyebaran covid-19.

Baca juga: Menaker: Perlindungan Pekerja Perempuan Harus Ditingkatkan

Lalu, perlindungan warga negara dari ancaman kekerasan seksual, yang sudah bertahun-tahun diupayakan para pemangku kepentingan lewat pengajuan RUU-PKS. Namun hingga kini, RUU tersebut masih terus dikaji di parlemen.

Upaya pemerintah dalam mengupayakan pertumbuhan ekonomi lewat akselerasi di sektor pertanian, perdagangan, UMKM, serta ekonomi kreatif, lanjut dia, membutuhkan dukungan yang masif dari semua pihak, agar mencapai hasil sesuai target.

Tantangan di bidang politik, terkait momentum suksesi kepemimpinan 2024 dan rencana amandemen terbatas UUD 1945, juga harus dijawab dengan sikap kenegarawanan wakil rakyat di DPD, DPR dan MPR. Khususnya, saat membahas sejumlah RUU di sektor politik, dengan selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.(RO/OL-11)
 

 

 

 

Baca Juga

ANTARA

Kabar Gembira, Angka Kekerasan oleh Negara Turun

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:40 WIB
Tim Pemantauan Kekerasan Negara dan Masyarakat Sipil juga memantau tindak kekerasan yang terjadi di...
ANTARA

Presiden Pastikan Agenda Transformasi Besar Bangsa Berlanjut

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:20 WIB
Pemerintah tengah menjalankan transformasi akbar di tiga bidang yaitu industri hilir, ekonomi hijau dan ekonomi...
MI/ADAM DWI

MK Minta Bedakan Konstitusionalitas dan Implementasi UU Desa

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:10 WIB
Istilah-istilah jabatan perangkat desa tidak dikenal karena masih kurang sosialisasi, bukan berarti melanggar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya