Selasa 27 Juli 2021, 08:39 WIB

Dasco Berharap MUI Dapat Berperan Mengedukasi Umat Hadapi Pandemi

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Dasco Berharap MUI Dapat Berperan Mengedukasi Umat Hadapi Pandemi

Ist/DPR
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

 

WAKIL Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad berharap, dalam milad ke-46 kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), para ulama bisa terus bersinergi dengan pemerintah (umaro) dalam mengurusi berbagai persoalan bangsa, terutama dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Saya harap ulama bisa menjembatani komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. Ulama harus turut serta mengedukasi umat agar selalu disiplin dalam menghadapi ancaman Covid 19," kata Dasco dalam keterangan resminya yang diterima, Senin (26/7/2021).

Dasco berharap para ulama terus membimbing masyarakat khususnya umat Islam agar tetap mematuhi protokol kesehatan, serta menyosialisasikan pentingnya program vaksinasi untuk membangun kekebalan komunal. Sebab, kedua hal tersebut merupakan wujud ikhtiar pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air. 

Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR ini juga menyadari masih banyak warga yang tidak percaya dengan Covid 19 sehingga abai terhadap protokol kesehatan.

"Di sinilah peran penting ulama atau tokoh agama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa Covid-19 itu ada. Dengan bergotong royong dan saling menguatkan, kita pasti bisa melewati ujian ini," tegasnya.

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan, ulama bisa menjadi panutan bagi umat Islam dalam memerangi Covid 19. Edukasi dan contoh nyata dari ulama, kata dia, penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan. Pernyataan Dasco ini sejalan dengan apresiasi Presiden Jokowi terhadap MUI yang selama ini turut membantu dalam mengatasi pandemi. 

Menurut Presiden Jokowi, MUI telah memberikan tausiah agar umat Islam menjadi pelopor dalam mengatasi pandemi virus korona.

"Saya meyakini dengan doa para ulama dan ikhtiar yang sungguh-sungguh kita akan mampu melewati ujian yang sedang kita alami saat ini," kata Jokowi dalam sebuah kesempatan. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

Pemerintah Daerah Ujung Tombak Penyelesaian Masalah HAM

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 18 Oktober 2021, 16:40 WIB
“Kedekatan fisik dan keterikatan pemerintah daerah dengan warga menjadi faktor utama. Itu harus dimanfaatkan dengan dialog yang...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Penyidik KPK Patok Rp10 Miliar untuk Pengembalian Aset Kasus Korupsi

👤Mediaindonesia 🕔Senin 18 Oktober 2021, 16:24 WIB
Robin Pattuju mematok "lawyer fee" Rp10 miliar untuk mengurus permohonan peninjauan kembali (PK) dan pengembalian aset milik...
MI/ Moh Irfan

Koruptor Rita Widyasari Pernah Didatangi Azis Sambil Membawa Penyidik KPK

👤Mediaindonesia 🕔Senin 18 Oktober 2021, 15:47 WIB
Rita bersaksi untuk dua orang terdakwa, yaitu eks penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain yang didakwa menerima total...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya