Sabtu 10 Juli 2021, 12:30 WIB

Ketua DPR: Kita Butuh Obat Murah dan Massal untuk Pasien Covid-19

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Ketua DPR: Kita Butuh Obat Murah dan Massal untuk Pasien Covid-19

DOK DPR RI
Ketua DPR RI Dr (HC) Puan Maharani

 

KETUA DPR RI Puan Maharani menyatakan pihaknya mendukung langkah-langkah  penanggulangan pandemi Covid-19, termasuk upaya-upaya pengobatan terhadap pasien terinfeksi virus korona. Karena itu, ia menyambut baik pelaksanaan uji klinik terhadap  obat-obat yang potensial untuk terapi Covid-19, termasuk Ivermectin. 

“Kita dukung proses ini karena bagian dari ikhtiar penanganan pandemi. Namun kita harus tetap patuh dan tunduk pada prosedur ilmiah melalui proses uji klinik,” ujar Puan di Jakarta, Jumat (9/7/2021).

Sampai saat ini, Kemenkes di bawah pengawasan BPOM masih melakukan uji klinik terhadap Ivermectin untuk terapi pasien Covid-19. Uji klinik tersebut dilakukan menyusul adanya surat dari Menteri BUMN Erick Tohir selaku Ketua Pelaksana KPC-PEN, yang meminta izin penggunaan darurat Ivermectin sebagai obat terapi Covid-19. Permintaan Erick berdasarkan penggunaan dan status Ivermectin di beberapa negara lain untuk opsional terapi Covid-19.   

Baca Juga: Banyak Fasilitas Negara yang Bisa Dijadikan RS Darurat Covid-19

Dalam laporan tertanggal 28 Juni 2021, BPOM menyatakan masyarakat yang membutuhkan Ivermectin namun tidak dapat mengikuti uji klinik, maka dokter dapat memberikan obat tersebut dengan memerhatikan penggunannya sesuai dengan protokol uji klinik yang disetujui. 

Saat ini, uji klinik Ivermectin sedang berlangsung di 8 Rumah Sakit di Jakarta, termasuk di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

“Saya mendapat laporan bahwa BPOM mengizinkan dokter memberikan obat itu  kepada  masyarakat yang membutuhkan, asal penggunaannya sesuai protokol uji klinik yang disetujui. Ini kabar yang menggembirakan,” ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI.

Puan meminta masyarakat bersabar menunggu hasil uji klinik dan terus mengikuti petunjuk otoritas yang berwewenang terkait penggunaan Ivermectin. Dia juga berpesan agar jangan ada pihak yang menjadikan isu Ivermectin untuk kepentingan bisnis. 

“Kita memang sedang membutuhkan obat terapi Covid-19 yang murah dan bisa diproduksi massal. Tapi penggunaannya juga harus dipastikan aman.” (RO/OL-10)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR Apresiasi Kenaikan Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu dan Pilkada 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 15:01 WIB
Badan Ad Hoc merupakan salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan pemilu, sehingga sangat wajar jika honor mereka...
MI/M. Irfan

Hasil Autopsi Kedua Brigadir J Akan Segera Disampaikan ke Publik

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:21 WIB
Tim Khusus Polri melalui penyidiknya tengah melakukan pemeriksaan pertama Irjen Ferdy Sambo (FS). Pemeriksaan ini direncanakan akan...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Megawati setuju atas Usulan Pemberian Gelar Pahlawan Nasional bagi Ratu Kalinyamat

👤Sri Utami 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:15 WIB
Portugis mencatatnya sebagai rainha de Japara, senhora poderosa e rica, de kranige Dame, yang berarti Ratu Jepara seorang wanita yang kaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya