Rabu 30 Juni 2021, 18:56 WIB

Ini Peran Tiga Terduga Teroris JAD Jakarta-Babel

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Ini Peran Tiga Terduga Teroris JAD Jakarta-Babel

Medcom/Mohammad Rizal.
Ilustrasi.

 

KABAG Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan membeberkan peran ketiga terduga teroris berinisial DS, SY, dan AS yang merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Ketiganya terlibat dalam pengiriman senjata.

Pengiriman itu dilakukan AS dari Babel. "Jadi ini ada pengiriman paket melalui salah satu ekspedisi yang dikirim saudara AS dari Bangka Belitung," papar Ahmad, Rabu (30/6).

Kemudian, lanjut Ahmad, DS yang ditangkap di Jaktim berperan sebagai penerima paket isi senjata itu. Adapun isi paket itu berisi tiga senapan panjang, tiga revolver beserta pelurunya, dan pisau karambit.

"Peran DS terima paket tersebut. DS terima paket, isinya 3 senapan panjang, 3 revolver, terus dengan 2 magazine buat isi peluru. Kemudian amunisinya ada 220 butir," terang Ahmad. Tak hanya itu, Ahmad menuturkan terdapat dua pisau karambit dan barang bukti lain, seperti senter hingga laser.

Terduga teroris lain, SY, ditangkap di Jakarta Barat berperan sebagai penggalang dana. Dana tersebut yang dikirim ke AS untuk membeli paket isi senjata.

"SY yang menggunakan rekening BCA dalam rangka penggalangan dana. Dana itu dikirim ke saudara AS si pengirim senjata dari Babel," paparnya.

Dikatakan Ahmad, Densus 88 mendapati SY pernah melakukan transaksi kepada AS sebanyak tiga kali. SY mengirim uang sebesar Rp3 juta, Rp7 juta, dan terakhir Rp3 juta.

Di dalam setiap transaksi, ada kolom keterangan yang tertulis. Misalnya, salah satu keterangannya tertulis revo yang diduga sebagai pembelian untuk revolver. "Terus yang satu lagi keterangannya senapan panjang," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri berhasil menciduk tiga terduga teroris berinisial berinisial DS, SY, dan AS. Adapun penangkapan oleh Densus 88 dilakukan di Duren Sawit Jakarta Timur (Jaktim), Kembangan Jakarta Barat (Jakbar), dan Bangka Belitung (Babel), pada Rabu (30/6). (OL-14)

Baca Juga

Dok kejagungke

Kejagung Klarifikasi Eksekusi Aset Sitaan Jiwasraya

👤RO/Micom 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 08:18 WIB
Uang sitaan belum disetor ke kas negara karena masih proses...
MI /ADAM DWI

Prananda: PSP Bervaksin Tuntaskan 15.219 Dosis Vaksin

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 07:15 WIB
Capaian serta antusiasme tersebut mendorong GP NasDem untuk kembali menggelar kegiatan vaksinasi tersebut di berbagai daerah lainnya di...
Antara/Umarul faruq

Ada Wacana Pembubaran Densus 88, Mekeng : Densus 88 Perintah UU, Tidak Bisa Dibubarkan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 22:57 WIB
“Densus 88 masih dibutuhkan. Karena penanganan terorisme termasuk dalam extra-ordinary crimes against humanity. Tidak bisa ditangani...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya