Senin 21 Juni 2021, 20:31 WIB

Bocah Terapung di Laut Diberi Tabungan dan Sepeda

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Bocah Terapung di Laut Diberi Tabungan dan Sepeda

dok TNI AL
Bocah terapung

 

TNI Angkatan Laut memberikan apresiasi kepada Ridho Ilhami, bocah yang mampu bertahan selama kurang lebih 3 jam di tengah laut ketika jatuh dari kapal penyeberangan rute Kronjo Banten menuju Pulau Harapan, di Perairan Kepulauan Seribu pada Jumat (18/6).

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan pihaknya memberikan apresiasi berupa tabanas, bingkisan dan sepeda yang dilaksanakan di hanggar heli di dermaga Jakarta Intenational Container Terminal (JICT), Senin (21/6).

“TNI AL mengapresiasi atas ketangguhan mental dan keberaniaannya di lautan yang medan tugas sama dengan kita, inilah yang kita apresiasi, apalagi anak ini bercita-cita menjadi TNI AL, kita perlu bantu karena mentalnya sudah tidak diragukan,” ujar Ahmadi, melalui keterangannya, Senin (21/6).

Ahmadi juga memberikan apresisasi kepada prajurit KRI Sembilang-850 yang sigap dan cekatan dapat membantu masyarakat yang sedang kesulitan.

Sebelumnya, KRI Sembilang (SBL)-850 yang tengah patroli perairan Barat Laut Pulau Laki, Kepulauan Seribu, Jumat (18/6) dikagetkan dengan ditemukannya seorang bocah yang terapung sekitar 45 kilometer dari daratan Banten.

Baca juga : Legislator PDIP Disebut Atur Bansos

Juru pengawas kapal awalnya tak mengira menemukan seorang bocah yang berenang di tengah lautan. Awalnya ia hanya melihat adanya benda terapung di haluan lambung kiri dengan jarak 100 meter. Namun, setelah dicek lebih lanjut, ternyata ada seorang bocah mengapung yang diketahui bernama Ridho Ilhami, 14.

Petugas lalu mengangkat bocah yang bertelanjang dada itu ke sekoci. Dari akun Instagram TNI Angkatan Laut, terekam bagaimana percakapan petugas patroli dengan Ridho.

Komandan KRI Sembilang-850 Mayor Laut Nanang Khunaifi mengatakan anggotanya langsung memberikan pertolongan pertama kepada Ridho. Setelah itu, pihaknya lalu menanyakan muasal bocah tersebut berada di tengah lautan.

Ridho mengaku awalnya ia berangkat dari Kronjo Banten menuju Pulau Harapan Kepulauan Seribu menggunakan kapal cepat. Di tengah perjalanan ia jatuh dari kapal cepat tersebut.

Dengan kemampuan berenangnya, Ridho bertahan di tengah lautan sambil melihat daratan selama tiga jam. Beruntung, di tengah perjuangan mencari daratan itu, KRI Sembilang-850 melintas dan menyelamatkan nyawanya. Kini, Ridho telah dipulangkan dan bertemu dengan kedua orang tuanya.

"Korban diantarkan menuju Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Untung Jawa yang selanjutnya dipertemukan dengan keluarganya" kata Nanang. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Gumay.

18 Pegawai KPK Antusias Ikuti Diklat Bela Negara

👤Sri Utami 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:55 WIB
Dian berharap dengan metode pembelajaran yang beragam dan materi-materi diklat yang baru peserta memetik wawasan baru secara...
Ist/DPR

Puan: Tindak Tegas Mafia Obat Terapi Covid-19 Tanpa Pandang Bulu!

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:36 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi sejumlah upaya yang mengungkap aksi penimbunan obat Covid-19 berikut tindakan tegas dari...
DOK Setpres.

Upacara Virtual HUT RI bakal Lebih Menarik

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:15 WIB
Beberapa kegiatan itu di antaranya program kuis, doorprize, dan hiburan dari sejumlah bintang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya