Senin 17 Mei 2021, 22:46 WIB

PBNU Kecam Agresi Militer Israel Ke Palestina

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
PBNU Kecam Agresi Militer Israel Ke Palestina

Dok. Pribadi
Pernyataan sikap PBNU terhadap agresi israel ke Palestina

 

PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengecam serangan militer Israel terhadap Palestina dan mendorong peran pemerintah Indonesia untuk menggalang dukungan dalam mewujudkan kedaulatan Palestina.

Hal tersebut dinyatakan dalam pernyataan sikap yang ditandatangani oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj dan Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini di Jakarta Senin (17/5).

Dalam pernyataannya, PBNU menyebut agresi Israel terhadap Palestina yang terus berulang telah menimbulkan nestapa kemanusiaan. Menyebut Israel telah mengukuhkan pendudukannya dengan membangun permukiman bagi ratusan ribu warga Yahudi.

Untuk itu, PBNU dalam pernyataan sikapnya mengutuk dan mengecam keras agresi militer Israel terhadap Palestina yang merenggut nyawa banyak warga sipil tidak berdosa. Agresi militer oleh Israel, tegas PBNU, harus dihentikan karena merupakan tragedi kemanusiaan yang tidak bisa dibiarkan.

PBNU dalam pernyataannya juga mendorong adanya upaya gencatan senjata kedua belah pihak untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk dan memulihkan Palestina.

Baca juga : NasDem Dukung Upaya RI Hentikan Kekerasan Israel di Palestina

Desakan juga disuarakan agar PBB dan komunitas internasional segera melakukan langkah cepat untuk menyepakati gencatan senjata sebagai bagian tanggung jawab dunia internasional menyikapi konflik yang mencederai kemanusiaan.

PBNU juga mendesak pemerintah Indonesia untuk menggalang dukungan dan mengambil upaya penting untuk mewujudkan kedaulatan Palestina sekaligus mengakhiri konflik kemanusiaan yang terjadi sehingga menciptakan perdamaian dan keamanan dunia.

Dalam pernyataan sikap itu juga menegaskan bahwa sejak Muktamar ke-13 NU di Menes, Banten pada 1938, NU telah menyatakan dukungan untuk kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sebagai bangsa merdeka.

Karena itu, PBNU menegaskan sikapnya untuk teguh pada pendirian menyampaikan pandangan dan sikap bahwa Palestina adalah bangas yang berdaulat dan mendorong seluruh pihak untuk melakukan dialog agar kekerasan tidak terjadi lagi dalam upaya penegakan kedaulatan Palestina.

Mereka mengajak berbuat semaksimal mungkin demi menjaga solidaritas sesama Muslim dan menghapuskan penjajahan di muka bumi serta menegakkan hak-hak kemanusiaan. PBNU juga mengajak membantu warga Palestina melalui NU-Care Lazisnu yang akan sangat berarti bagi masyarakat di wilayah itu. (Ant/OL-7)

Baca Juga

MI/Humas Polres Malang

Polisi Diminta Tegas Tindak Truk ODOL

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:59 WIB
Djoko menyebut truk ODOL kerap menjadi biang kecelakaan di sejumlah jalan layang. Salah satunya jalan layang Kretek, Jawa...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Eksekusi Denda dan Uang Pengganti Adelin Lis Ditangani Kejari Medan

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:54 WIB
Adelin, saat ini, masih mendekam di rumah tahanan (Rutan) Salemba cabang Kejaksaan Agung dan menjalani protokol karantina kesehatan selama...
Ilustrasi

Kasus Covid-19 Naik Tajam, Berikut Saran NasDem

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:33 WIB
Ketua Fraksi NasDem DPR RI itu menilai, kebijakan dibukanya tempat hiburan atau wisata bertolak belakang dengan upaya menekan penyebaran...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya