Jumat 14 Mei 2021, 16:11 WIB

DPR Dorong Pemerintah Terjunkan Pasukan Perdamaian ke Palestina

Putra Ananda | Politik dan Hukum
DPR Dorong Pemerintah Terjunkan Pasukan Perdamaian ke Palestina

AFP

 

ANGGOTA Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukamta menilai pemerintah perlu segera menerjunkan pasukan perdamaian Indonesia ke Palestina. Menurut Sukamta, situasi konfik yang terjadi antara Tentara Israel dan Pasukan Hamaz di Jalur Gaza Palestina semakin genting.

"Jika tensi konflik antara Israel dan Palestina yang semakin menguat, ini akan menyebabkan situasi semakin tidak terkendali dan bisa mengarah kepada perang terbuka," ujar Sukamta dalam keterangan resminya yang ia sampaikan kepada awak media di Jakarta, Jumat (14/5).

Menurut Sukamta, perang terbuka yang terjadi antara Israel dan Palestina berpotensi menimbulkan lebih banyak korban dari kalangan warga sipil. Dalam 2 hari terakhir pasca serangan udara Israel setidaknya sudah ada 113 warga meninggal termasuk di antaranya 31 anak-anak. "Sebagaimana saat agresi militer Israel ke wilayah Gaza pada tahun 2014, menewaskan 2.251 warga Palestina," ungkapnya.

Baca Juga: Bandingkan SBY dan Jokowi Soal Palestina, Demokrat Permalukan SBY

Sukamta berharap pemerintah RI untuk sekuat tenaga bisa mendorong PBB menerjunkan pasukan perdamaian untuk mencegah terjadinya konflik yang lebih luas antara Israel dan Palestina. Menurutnya penempatan pasukan perdamaian di beberapa negara yang alami konflik selama ini terbukti berhasil menurunkan eskalasi konflik.

"Usulan ini memang terasa agak sulit diwujudkan, karena setiap rencana keputusan Dewan Keamanan (DK) PBB bahkan yang sekedar berbentuk pernyataan mengutuk kejahatan perang Israel selalu ditentang oleh Amerika Serikat sebagai anggota tetap," ungkapnya.

Kendati demikian, Sukamta berharap, pemerintah tetap terus mengupayakan upaya perdamaian antara Israel dan Palestina guna mencegah meluasnya kekerasan dan konflik. Pemerintah RI bisa mendorong usulan penerjunan pasukan perdamaian di wilayah konflik Israel-Palestina melalui sidang darurat OKI maupun PBB.

"Komitmen Indonesia untuk mewujudkan perdamaian selama ini terbukti secara baik dengan terlibat dalam penerjunan pasukan perdamaian PBB. Saya kira jika ada penugasan ke wilayah Palestina tentu akan disambut dengan antusias oleh TNI karena Pemerintah Indosia selama ini berkomitmen kuat untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan solusi 2 negara sebagai langkah perdamaian di sana," ungkapnya. (Uta/OL-10)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Tak Usul Anggaran Tambahan, DPR Apresiasi Sikap Menpora Amali

👤Ilham Ananditya 🕔Rabu 16 Juni 2021, 09:14 WIB
Menpora Zainudin Amali berusaha memaksimalkan penggunaan anggaran pagu indikatif belanja pada RAPBN 2022 sebesar Rp.1.948.783.392.000...
dok.mi

TWK Sesuai UU KPK, Pimpinan KPK Hadir ke Komnas HAM Tak Masalah

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 07:37 WIB
PIMPINAN KPK akan memenuhi panggilan Komnas HAM terkait kasus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pada Kamis (17/6/2021)...
Dok MI

Skor Antikorupsi Indonesia Tahun Ini Meningkat

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Rabu 16 Juni 2021, 06:48 WIB
KPK mengaku senang dengan skor tahun ini. Apalagi, mendapatkan peningkatan angka dari empat tahun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya