Kamis 13 Mei 2021, 16:00 WIB

Anies Puji Sikap Tegas Jokowi Soal Serangan Israel ke Palastina

Anies Puji Sikap Tegas Jokowi Soal Serangan Israel ke Palastina

MI/ Ramdani
Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat Indonesia mendoakan bangsa Palestina saat merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah menyusul ketegangan yang meningkat antara Israel dan Palestina menjelang Lebaran.

"Ini adalah ajakan pada semua mari kita doakan pada saudara kita di Palestina, diberikan kekuatan, ketabahan dalam melewati masa yang tidak mudah ini," kata Anies kepada Antara usai ibadah Salat Id di rumah pribadinya kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (13/5).

Menurut dia, bangsa Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk mendukung perjuangan warga Palestina agar terbebaskan dari segala tindakan penjajahan.

Ia pun mengutip pernyataan Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1962 yang menyatakan bahwa Indonesia tidak akan pernah berhenti menentang penjajahan di tanah Palestina.

"Ini yang sekarang kita harus jaga pesan dari proklamator kita untuk bangsa Indonesia," ujar Anies.

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu juga mengapresiasi ketegasan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi yang menegaskan sikap kepada Palestina.

"Saya apresiasi statement presiden (Joko Widodo) dan Menlu (Retno Marsudi) yang menunjukkan sikap tegas atas peristiwa yang terjadi pada bangsa Palestina," tutur Anies.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo menegaskan Indonesia mengutuk pengusiran paksa warga Palestina dari Syeikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Penegasan itu disampaikan Presiden Jokowi melalui akun Twitter @jokowi yang dikutip, di Jakarta, Senin (10/5).

"Pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tidak boleh diabaikan. Indonesia mengutuk tindakan tersebut," ujar Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel. (OL-8)

Baca Juga

Dok.MI

Beleid Tentang Putusan DKPP yang Final dan Mengikat Digugat

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 23 Juni 2021, 13:28 WIB
Para pemohon juga meminta Mahkamah Konstitusi untuk memberikan tafsir atas frasa “putusan” DKPP dinyatakan konstitusional...
MI/Humas Polres Malang

Polisi Diminta Tegas Tindak Truk ODOL

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:59 WIB
Djoko menyebut truk ODOL kerap menjadi biang kecelakaan di sejumlah jalan layang. Salah satunya jalan layang Kretek, Jawa...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Eksekusi Denda dan Uang Pengganti Adelin Lis Ditangani Kejari Medan

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 23 Juni 2021, 12:54 WIB
Adelin, saat ini, masih mendekam di rumah tahanan (Rutan) Salemba cabang Kejaksaan Agung dan menjalani protokol karantina kesehatan selama...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya