Jumat 07 Mei 2021, 05:42 WIB

Imigrasi Benarkan 85 WNA Tiongkok Tiba di Soetta dengan Charter

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Imigrasi Benarkan 85 WNA Tiongkok Tiba di Soetta dengan Charter

MI/Ramdani
Penumpang antre masuk loket "check in" di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten, Rabu (5/5/2021).-ilustrasi

 

DIREKTORAT Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membenarkan kedatangan 85 WNA (warga negara asing) Tiongkok di Bandara Soekarno Hatta atau Soetta, Tangerang, pada Selasa (4/5). Kedatangan puluhan WNA itu diketahui melalui pesawat sewaan atau charter.Kedatangan WNA itu menjadi sorotan lantaran tiba di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Jawa dan Bali.

"Benar pada Selasa 4 Mei 2021 jam 14.55 WIB telah mendarat 85 WN China dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Bandara Soetta," ujar Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara saat dikonfirmasi, Kamis (6/5).

Arya tidak secara gamblang menjelaskan keperluan dari puluhan WNA Tiongkok. Namun dia memastikan, sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, para penumpang WNA itu dikatakan telah melalui pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan itu diakuinya sesuai prosedur protokol kedatangan orang dari luar negeri oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta.

baca juga: Imigrasi

"Secara keimigrasian diketahui bahwa visa dan dokumen keimigrasian mereka sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020," jelas Arya.

Kedatangan puluhan WNA Tiongkok itu disampaikan Pengamat Penerbangan Alvin Lie dalam akun media sosialnya @alvinlie21. Dia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan beberapa orang yang diduga WNA Tiongkok berbaris keluar dari pesawat.

"Mohon kejelasan kebijakan pergerakan manusia selama pandemi. Apakah penumpang China Southern hari ini (4 Mei 2021) WNI yg pulang ke Indonesia atau WNA yg datang? Turis? TKA (tenaga kerja asing)? Kita wajib lindungi rakyat kita dari penularan impor," tulis Alvin Lie beberapa hari lalu. (OL-3)

 

 

Baca Juga

Dok. Kemendagri

Kemendagri Apresiasi Tertib Penggunaan Banpol Oleh Parpol

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 21 Juni 2021, 22:34 WIB
“Selama 15 tahun terakhir, tidak ada masalah dengan penyalurannya. Tata kelola untuk administrasi SPJ DPP Partai Demokrat adalah...
dok TNI AL

Bocah Terapung di Laut Diberi Tabungan dan Sepeda

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 21 Juni 2021, 20:31 WIB
TNI Angkatan Laut memberikan apresiasi kepada Ridho Ilhami, bocah yang mampu bertahan selama kurang lebih 3 jam di tengah laut ketika jatuh...
DOK MI

Legislator PDIP Disebut Atur Bansos

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 21 Juni 2021, 19:45 WIB
Untuk memuluskan permintaan proyek bansos oleh rekannya, anggota DPR RI Fraksi PDIP Ihsan Yunus pun sempat menemui Juliari Peter...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya