Sabtu 20 Februari 2021, 01:30 WIB

13 Tersangka Korporasi di Kasus Jiwasraya Segera Disidang

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
13 Tersangka Korporasi di Kasus Jiwasraya Segera Disidang

ANTARA/Galih Pradipta
Ilustrasi - Kantor Jiwasraya

 

SEBANYAK 13 perusahaan Manajer Investasi yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasrya (persero) segera dibawa ke meja hijau. Pasalnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menyebut berkas peraka perusahaan-perusahaan tersebut telah lengkap.

"Tim Jaksa P-16 pada Direktorat Penuntutan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung menyatakan 13 berkas perkara atas nama tersangka korporasi perusahaan manajer investasi dinyatakan lengkap (P-21)," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (19/2).

Baca juga: Menaker Minta Masyarakat Hindari Jasa Calo Pekerja Migran

Ketiga belas perusahaan MI itu adalah PT Dana Wibawa Management Investasi, PT Oso Management Investasi, PT Pinekel Persada Investasi, PT Millenium Danatama, PT Prospera Aset Management.

Selain itu, ada pula PT MNC Asset Management, PT GAP Capital, PT Jasa Capital Asset Management, PT Corvina Capital, PT Iserfan Investama, PT Sinar Mas Asset Management, dan PT Pool Advista Management, dan PT Maybank Asset Management.

Menurut Leonard, 13 MI itu telah bekerja sama dengan dengan para tersangka yang lebih dulu menjalani sidang, yakni Dirut PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto selaku pihak terafiliasi dengan Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Kerja sama itu disetujui oleh Direktur Utama PT AJS Hendrisman Rahim, mantan Direktur Keuangan PT AJS Hary Prasetyo, serta Syahmirwan yang saat itu menjabat General Manager Produksi dan Keuangan.

Atas kesepakatan itu, terbentuklah produk reksa dana khusus untuk PT AJS yang dalam pelaksanaan pengelolaan instrumen keuangan yang menjadi underlying rekasa dana PT AJS dapat dikembalikan oleh Joko. Hal itu bertentangan dengan Permenkeu No 53/PMK.010/2012, Keputusan Direksi PT AJS.

Para tersangka korporasi disangkakan dengan Pasal 2 Ayat (1) jo Pasal 18 UU Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP subsider Pasal 3 jo Pasal 18 UU Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP. Selain itu, mereka juga dijerat dengan Pasal 3 subsider Pasal 4 UU Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian uang.

"Proses selanjutnya tim jaksa penyidik akan menyerahkan tanggung jawab tersangka dan barang bukti kepada tim jaksa penuntut umum pada Direktorat Penuntutan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus dan tim JPU Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat," pungkas Leonard. (OL-6)
 

Baca Juga

Dok MI

DPR RI Apresiasi Keputusan Presiden Batalkan Izin Investasi Miras

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 16:57 WIB
Disarankan ke depan pemerintah harus lebih mengutamakan masukan para pakar dan tokoh masyarakat dalam menentukan...
ANTARA

Kaya Rapor Merah, AHY Diminta Mundur

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 02 Maret 2021, 16:50 WIB
AHY yang dijadikan ketua umum secara aklamasi dengan sejumlah alasan yang bertentangan dengan AD/ART berlaku...
Medcom.id.

Densus 88 Tangkap Delapan Terduga Teroris di Tiga Lokasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 02 Maret 2021, 16:48 WIB
Delapan terduga teroris yang ditangkap itu masih satu jaringan dengan 12 teroris yang sebelumnya ditangkap di Jawa Timur, yakni Jamaah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya