Jumat 22 Januari 2021, 05:30 WIB

Biden Jadi Presiden AS, Ini Harapan Puan

Sri Utami | Politik dan Hukum
Biden Jadi Presiden AS, Ini Harapan Puan

Antara/Rivan Awal
Ketua DPR RI Puan Maharani saat membacakan surat Presiden Jokowi tentang calon Kapolri.

 

KETUA DPR RI Puan Maharani berharap Joe Biden, yang baru saja dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), dapat membawa dampak positif bagi penanganan pandemi covid-19 di seluruh dunia. Serta, menjaga stabilitas perdamaian dunia dan kemajuan bersama. 

Upaya ini perlu dilakukan bersama melalui berbagai forum multilateral dan menghindari langkah unilateral. Dunia perlu bersatu dalam menghadapi pandemi covid-19. Puan pun berharap AS terlibat lebih dalam upaya bersama untuk mewujudkan persatuan global di masa pandemi.

Baca juga: Biden Pimpin AS, BI Yakin US$19,1 Miliar Masuk Indonesia

“Dunia perlu bersatu dalam mengatasi covid-19. Langkah sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi akan sebabkan virus lebih cepat menyebar ke berbagai tempat dan tidak terkendali,” pungkas Puan, Kamis (21/1)

Mengingat vaksin covid-19 sudah mulai tersedia, Puan berpendapat perlu dipikirkan akses vaksin bagi semua negara. Tanpa melihat perbedaan negara, bangsa, suku dan ras. Menurutnya, Negeri Paman Sam harus berkoordinasi dengan negara-negara ekonomi utama untuk mempercepat pemulihan ekonomi global.

“Koordinasi bersama dalam upaya global ini diperlukan untuk membangun dunia yang lebih baik pascacovid-19. Hal ini untuk mewujudkan pembangunan berkualitas, sehingga menurunkan kemiskinan dan ketimpangan. Serta melakukan green recovery,” imbuh Puan.

Baca juga: Donald Trump Langgar Tradisi Tidak Hadiri Pelantikan Biden

Lebih lanjut, dia menekankan AS harus berperan dalam menjaga situasi kondusif untuk mencapai stabilitas dan perdamaian global. Stabilitas di kawasan Asia Timur, termasuk Laut China Selatan, perlu dijaga berdasarkan hukum internasional. 

"Dukungan positif AS bagi solusi Palestina juga diperlukan. Untuk membantu Palestina mencapai kemerdekaan secara penuh,” tutupnya.(OL-11)

Baca Juga

MI/ Lina Herlina

Nurdin Diduga Terima Suap dari Sejumlah Kontraktor Proyek

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 28 Februari 2021, 02:16 WIB
Pada awal Februari 2021, Nurdin diduga menerima uang Rp2,2 miliar melalui ajudannya. Di pertengahan bulan ini, ia menerima uang senilai Rp1...
Antara

KPK Tahan Nurdin di Rutan Guntur

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 28 Februari 2021, 01:42 WIB
Ia diduga menerima suap untuk pengadaan barang dan jasa terkait perizinan dan pembangunan infrastruktur di lingkungan Pemprov Sulsel tahun...
Antara

KPK Tetapkan Nurdin Tersangka Suap Proyek Infrastruktur

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 28 Februari 2021, 01:25 WIB
Agung diduga menyerahkan uang sebesar Rp2 miliar kepada Nurdin melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya