Jumat 15 Januari 2021, 02:00 WIB

Publik Perlu Saling Mengingatkan

Sri Utami | Politik dan Hukum
Publik Perlu Saling Mengingatkan

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ketua DPR Puan Maharani.

 

PERSATUAN merupakan jati diri bangsa Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan negara banyak dikagumi dan dibutuhkan negara lain sebagai salah satu simbol pemersatu.

Hal itu menjadi modal bangsa untuk mengalahkan pandemi covid-19 yang merupakan musuh bersama. Demikian dikemukakan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam dialog daring bertajuk Bersatu dalam Keberagaman dan Kedamaian Mengatasi Pandemi Covid-19, kemarin.

“Di masa pandemi ini kita masih menerapkan nilai persatuan, masih terus diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Misalnya, antara tetangga masih saling membantu saat tetangganya terkena covid. Sesama teman saling mengingatkan,” imbuh Puan.

Puan sangat mengapresiasi para pemuka agama yang telah bersatu melakukan sosialisasi mengingatkan pentingnya pelaksanaan ibadah yang memenuhi protokol kesehatan. Semangat persatuan seperti itu harus terus disuarakan sekaligus mengingatkan umat tentang pentingnya menerapkan nilai gotong royong yang menjadi intisari dari Pancasila.

"Saya berharap pemuka agama dapat turut menyukseskan kegiatan vaksinasi yang akan dilakukan pemerintah,” tutur Puan.

Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanulhaq mengatakan wabah penyakit yang disebabkan virus korona yang melanda saat ini menciptakan perilaku sikap hidup baru dan membutuhkan moralitas baru.

Moralitas baru ini memuat semangat keyakinan bahwa Tuhan yang menurunkan covid-19 dan juga yang menyembuhkan. Di sini pula ujian revolusi mental bangsa.

Maman menyebut perilaku dan moralitas baru tersebut sebagai kewajiban dalam nilai keagamaan dan ini merupakan kewajiban dalam nilai keagamaan.

"Di satu sisi, ada etika atau sosial yang belum ada sebelumnya, maka kita harus berlayar agar kita selamat karena jika kita dapat menangani ini, kita yakin kita bisa menjadi negara yang maju,” tandas Maman. (Sru/P-2)

Baca Juga

Antara

RUU Pemilu Perlu Tingkatkan Batas Sumbangan Kampanye

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:30 WIB
Ia juga mendorong agar laporan dana kampanye diatur lebih ketat dengan dengan audit investigatif, transparan, dan...
Antara

Munarman FPI Berang ke PPATK, Ini Penyebabnya

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:06 WIB
“Memangnya kalau dari luar negeri itu otomatis bandit semua apa, koruptor semua apa? Seperti para elit di sini,”...
Antara

PPATK Sebut FPI Banyak Terima Dana dari Luar Negeri

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 24 Januari 2021, 19:45 WIB
"Iya itu betul, tapi kan belum berarti bisa disimpulkan apa-apa. Transaksi ke luar negeri biasa juga dilakukan organisasi, individu,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya