Selasa 29 Desember 2020, 18:08 WIB

Indonesia Harus Bersatu di Tengah Konstelasi Dunia yang Dinamis

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Indonesia Harus Bersatu di Tengah Konstelasi Dunia yang Dinamis

Medcom.id
Lambang NU

 

PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Meskipun di tengah pandemi covid-19, semua anak negeri harus memastikan kedaulatan menjadi prioritas utama.

"Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang senantiasa menjaga dan melindungi bangsa Indonesia hingga saat ini. PBNU mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah, yang selalu setia menjaga dan merawat keutuhan NKRI sebagai muahadah wathaniyyah atau konsensus nasional berdasarkan Pancasila, yang merupakan pengikat atau kalimatun sawa seluruh komponen bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," ujar Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj saat memberikan keterangan resmi mengenai refleksi akhir tahun di kantor PBNU, Jakarta, Selasa (29/12).

Menurut dia, Indonesia yang menganut sistem demokrasi dan memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia harus terus bersatu padu di tengah konstelasi dunia yang semakin dinamis. Landasannya dengan terus berupaya mengencangkan ikatan tali persaudaraan sesama umat Islam atau ukhuwwah Islâmiyyah, sesama warga bangsa atau ukhuwwah wathaniyyah, dan sesama warga dunia sebagai sesama manusia atau ukhuwwah insâniyyah.

PBNU mengingatkan juga, lanjut Said, seluruh elemen bangsa untuk secara terus menerus merefleksikan kesepakatan-kesepakatan dasar bangsa Indonesia yang mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. "Kemudian segala upaya mengisi pembangunan harus dilandasi, dijiwai, serta guna memperkuat konsensus nasional," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

PDIP: Buya Syafii Selalu Gaungkan Ideologi Harapan

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:42 WIB
Indonesia kehilangan tokoh besar dengan kepergian cendekiawan muslim itu. Puan juga mengaku hubungan mereka sangat dekat dan sudah seperti...
Dok MI

Ahok: Buya Syafii Maarif Teladan Merawat Kebinekaan

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:24 WIB
Ahok dan Buya Syafii memang cukup dekat. Bahkan Buya Syafii pernah membela Ahok yang tersandung kasus penistaan...
Antara

Mengaku Kerap Diintimidasi, Gubernur Papua Minta Perhatian dari Presiden

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Mei 2022, 19:13 WIB
Menurut Lukas Enembe, dirinya merupakan satu-satunya dari 34 gubernur di Indonesia yang kerap mendapat perlakuan tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya