Minggu 20 Desember 2020, 18:20 WIB

Wapres: Parpol Harus Jadi Penyerap Aspirasi Rakyat

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Wapres: Parpol Harus Jadi Penyerap Aspirasi Rakyat

Mi/Adam Dwi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin menekankan pentingnya partai politik untuk menjadi penyerap aspirasi rakyat. Pasalnya, partai politik hingga kini masih menjadi harapan dan representasi rakyat untuk menyelesaikan berbagai masalah. Parpol pun diharapkan tak menjadi wadah bagi kelompok tertentu mencari keuntungan pribadi.

Hal itu disampaikan Wapres dalam penutupan Muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara virtual dari kediaman dinasnya di Jakarta, Minggu (20/12).

"Jangan lah politik dijadikan tunggangan untuk sampai pada kepentingan-kepentingan pribadi baik itu manfaat maupun maslahat yang sifatnya pribadi. Kita berharap agar partai politik tidak hanya dijadikan tunggangan atau kendaraan oleh kelompok tertentu untuk kepentingan pribadi," ucap Wapres.

Wapres berharap agar partai hendaknya digunakan sebesar-sebesarnya untuk kemaslahatan umat dan bangsa. Parpol sejatinya harus menjadi media penyerap aspirasi sekaligus komunikator dua arah yang efektif bagi pemerintah maupun rakyat.

"Kualitas dan efektifitas komunikasi tersebut akan sangat menentukan kualitas sekaligus akseptabilitas legislasi serta kebijakan pemerintah yang sejalan dengan aspirasi masyarakat," kata Wapres.

Baca juga : Pesan Wapres ke PPP : Jaga Harmoni Kebangsaan

Dalam konteks demokrasi, Wapres menilai partai politik juga berperan penting dalam menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu bisa diwujudkan dengan proaktif mengedepankan musyawarah dan dialog untuk membangun konsensus.

"Sebagai bangsa yang besar dan majemuk, perbedaan dan keberagaman adalah sumber kekuatan kita. Oleh karena itu, partai politik diharapkan senantiasa proaktif dalam mengedepankan musyawarah dan dialog untuk membangun konsensus," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga menyoroti pentingnya kaderisasi dalam partai politik. Menurut Wapres, parpol perlu turut mendukung perwujudan Visi Indonesia Maju dengan pembangunan SDM di bidang politik. Dengan kaderisasi yang memadai, parpol diharapkan menempatkan kader terbaik mengisi berbagai posisi penting dalam pemerintahan.

"Kaderisasi dalam partai politik sangat penting dan menentukan kualitas SDM yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi upaya bersama segenap elemen bangsa dalam mencapai Indonesia Maju," ucapnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok.Antara

Muncul Dugaan Legislator Terima Uang dari Sambo, DPR: Diragukan

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:21 WIB
Kasus pembunuhan itu terjadi pada masa reses anggota DPR. Masa reses itu juga membuat legislator belum bisa berkomentar terkait dengan...
Metro TV

Istri Ferdy Sambo Diminta Rekrut Psikiater Jika Benar Depresi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:11 WIB
“Kalau cuma alasan terguncang, ganti jadi psikiater karena lebih hebat dan lebih luas jangkauannya. Daripada berpura-pura...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Kejagung Fasilitiasi KPK Periksa Surya Darmadi di Gedung Bundar

👤tri subarkah 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 15:57 WIB
Burhanuddin menjelaskan, penyidik Kejagung telah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan penyidik KPK terkait pemeriksaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya