Jumat 23 Oktober 2020, 14:50 WIB

DPR Ingin Kasus di Intan Jaya Ditangani Serius

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
DPR Ingin Kasus di Intan Jaya Ditangani Serius

MI/SUSANTO
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta

 


TIM Gabungan Pencari Fakta (TGPF) telah menuntaskan investigasi mengenai kematian Pendeta Yeremia Zanambani di Intan Jaya, Papua. Hasilnya mesti ditindaklanjuti dengan pengungkapan pelaku berikut dalangnya dan diakhiri sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Kita berharap dengan temuan TGPF tersebut, bisa diungkap pelaku, motif dan otaknya bila ada dan dibawa ke pengadilan untuk mendapatkan hukuman setimpal," ujar anggota Komisi I DPR RI Sukamta kepada Media Indonesia, Jumat (23/10).

Menurut dia, DPR merasa prihatin dengan kasus kekerasan yang terus terjadi di sejumlah daerah termasuk Intan Jaya. Terlebih, tokoh agama menjadi korban dari tindakan yang menyalahi aturan itu.

Baca juga : TGPF Intan Jaya Sebut Ada Temuan yang Bisa Segera Diproses Hukum

Model penanganan dengan TGPF yang diterapkan pemerintah, kata dia, memberikan rasa tenang dan sedikit mengobati rasa luka. "Juga salut kepada TNI yang dengan tegas mempersilahkan oknum bila ada, untuk diadili seadil-adilnya," ungkapnya.

Sikap ini contoh penanganan yang baik. DPR mendorongnya kekerasan yang menimpa tokoh agama di tempat lain juga bisa ditangani dengan model yang sama. "Untuk selanjutnya diungkap dengan transparan dan diadili dengan seadil-adilnya. Sehingga ketentraman terjamin dan terjaga di NKRI," pungkas Sukamta. (P-2)

Baca Juga

MI/Susanto

Hari Ini, DPR Gelar Paripurna Soal Calon Kapolri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:46 WIB
Komisi III DPR RI menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

KPK Lelang Tujuh Barang Milik Dua Koruptor

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:04 WIB
KPK melelang tujuh barang milik dua koruptor milik Syahrul Raja Sampurnajaya mantan pejabat di Bappebti, dan Hendry Saputra,...
MI/Susanto

KPK Hitung Ulang Uang Suap Juliari

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 21 Januari 2021, 07:37 WIB
Total uang haram yang diterima Juliari diselisik melalui saksi yang dipanggil oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya