Selasa 14 Juli 2020, 10:34 WIB

Presiden Minta Perwira Muda TNI-Polri Kuasai Teknologi

Presiden Minta Perwira Muda TNI-Polri Kuasai Teknologi

MI/Andri Widiyanto
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan sambutan pada acara pembekalan Calon Perwira Muda TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap

 

PRESIDEN Joko Widodo menyebut perwira muda TNI dan Polri sebagai pengawal masa depan harus dapat menguasai teknologi khususnya di bidang militer maupun untuk mengatasi kejahatan siber.

"Para perwira remaja TNI dan Polri, sebagai pengawal masa depan, saudara-saudara harus cakap membaca peluang dan tantangan ke depan. Teknologi siber telah jauh berkembang dan masih banyak lagi perkembangan teknologi yang mengagumkan, saudara-saudara harus menjadi bagian untuk mengendalikan dan mengembangkannya," kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7).

Presiden menyampaikan hal tersebut dalam acara Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Tahun 2020. Dalam acara itu, hanya perwakilan penerima anugerah Adhi Makayasa serta para orangtua yang hadir di Istana Negara. Sedangkan ratusan perwira remaja TNI Polri lainnya berada di kampus masing-masing dan terhubung menggunakan video conference.

"Yang jelas dunia berubah dengan begitu cepatnya, disrupsi terjadi di semua sektor kehidupan dan Revolusi Industri jilid ke-4 semakin mendorong perubahan supercepat tersebut," ujar Kepala Negara.

Baca juga: Tantangan Kejahatan Berat, TNI-Polri Harus Lincah & Inovatif

Jokowi menegaskan jika dunia juga akan diwarnai dengan persaingan ketat antarnegara untuk menguasai pengetahuan dan teknologi termasuk dalam industrialisasi.

"Teknologi militer juga berkembang dengan cepat, teknologi militer terkini telah memanfaatkan kecerdasan buatan, auto measure, augmented reality dan teknologi siber," tuturnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan pejabat terkait lainnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

TNI AD Siap Amankan Pilkada hingga Antisipasi HUT OPM

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 November 2020, 08:36 WIB
TNI AD sudah mempersiapkan seluruh personel berikut pendukung lain bila diminta panglima TNI mengamankan pilkada 2020, menjaga keamanan di...
ANTARA/Nova Wahyudi

Kasad Sebut TNI AD Masih Butuh Banyak Helikopter

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 November 2020, 08:19 WIB
Total alutsista yang ada seperti Helikopter Apache baru ada 8...
ANTARA/Reno Esnir

Polisi Pastikan Sudah Antisipasi Ancaman Teror di Kerumunan

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 27 November 2020, 07:32 WIB
Sebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) menyoroti maraknya kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa akhir-akhir ini. Fenomena ini...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya