Senin 06 Juli 2020, 18:17 WIB

Menkominfo: Telkomsel Usut Kebocoran Data Denny Siregar

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Menkominfo: Telkomsel Usut Kebocoran Data Denny Siregar

MI/RAMDANI
Pegiat sosial media Denny Siregar.

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate telah meminta Telkomsel melakukan investigasi internal berkaitan dengan adanya indikasi kebocoran data terhadap pegiat sosial media Denny Siregar.

"Kementerian Kominfo telah meminta kepada penyelenggara jaringan bergerak seluler terkait untuk melakukan investigasi internal dan menelusuri apakah telah terjadi pencurian atau kebocoran data pelanggan telekomunikasi seluler. Diharapkan hasil investigasi ini dapat segera disampaikan," ungkap Johnny dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (6/7).

Baca juga: Denny Siregar Ancam Polisikan Telkomsel Terkait Kebocoran Data

Johnny menegaskan sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo 12/2016, provider seluler wajib merahasiakan data atau identitas masyarakat untuk keamanan informasi dalam mengelola data pelanggan.

Guna mencegah adanya kebocoran data pelanggan jasa telekomunikasi seluler, Johnny mengimbau masyarakat untuk merahasiakan dan menyimpan data pribadi dengan seperti Nomor NIK, KK dan data pribadi lainnya dengan hati-hati.

"Jangan sampai diketahui pihak lain yang tidak berhak dan menyalahgunakan data pribadi ini dengan tujuan yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hukum," jelas Sekjen Partai NasDem itu.

Ia juga menegaskan setiap pelanggaran hukum atas data pribadi akan diproses secara hukum. "Agar setiap orang tidak menyalahgunakan atau melakukan pelanggaran hukum terkait data pribadi milik orang lain. Segala pelanggaran akan diproses secara hukum," pungkas Johnny.

Diketahui, Denny tak terima data pribadinya dibocorkan oleh akun anonim dari media sosial Twitter. Dalam akun @opposite6891, ia mengunggah foto terkait data pribadi Denny Siregar seperti nama, alamat, NIK dan lainnya.

Baca juga: Kasus Kebocoran Data Denny Siregar, Pakar: Berbahaya dan Ilegal

Ia meminta penjelasan dari Telkomsel mengenai data pribadinya yang bocor dalam 3X24 jam. Dia mengancam akan menggugat ke pengadilan jika tidak mendapatkan penjelasan.

"Saya butuh penjelasan @Telkomsel kenapa data saya bocor dalam waktu 3x24 jam. Kalau tidak ada penjelasan, saya akan gugat ke pengadilan," cuit @Dennysiregar7. (Ins/A-3

Baca Juga

Antara

Marko Simic Belum Dalam Kondisi Terbaik

👤Ant 🕔Minggu 16 Januari 2022, 23:24 WIB
Marko Simic selalu ditarik keluar pada babak kedua oleh Alessio dalam tiga pertandingan Januari...
Antara

Majelis Hakim PKPU PT Alam Galaxy Diduga Langgar Kode Etik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Januari 2022, 23:06 WIB
Mahkamah Agung (MA) menegaskan, majelis hakim tak boleh mengadili kasus hukum yang sama di pengadilan tingkat...
MI/Ramdani

Dongkrak Elektabilitas, Airlangga Harus Manfaatkan Saluran DIgital 

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 16 Januari 2022, 22:07 WIB
Karena itu, Airlangga harus jalankan praktik dan pola pikir di jalur digital. Dalam kajian komunikasi politik di kenal level komunikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya