Rabu 13 November 2019, 00:29 WIB

Partai Lain Patut Tiru Konvensi Partai NasDem

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
Partai Lain Patut Tiru Konvensi Partai NasDem

MI/bary Fatahillah
Direktur Presidential Studies-Decode UGM Nyarwi Ahmad

 

RENCANA Partai NasDem menggelar konvensi untuk Pemilihan Presiden 2024 mendatang dinilai Direktur Presidential Studies-Decode Universitas Gadjah Mada Nyarwi Ahmad, sangat tepat.

Ia bahkan menyebutkan, rencana NasDem itu layak untuk ditiru partai lain, mengingat proses Pilpres 2024 masih lima tahun lagi

"Apalagi misalnya menyangkut proses yang Pilpres kan masih lama. Sudah semestinya partai-partai meniru pola kayak gitu," katanya ketika dihubungi, Selasa (12//11).

Menurutnya, konvensi merupakan salah satu cara untuk mengaja martabat partai. Kalau partai hanya sekedar jualan tiket, maka akan meruntuhkan martabat partai.

"Kalau partai sekedar dimanfaatkan untuk jualan. Artinya tiket partai dilepas hanya siapa yang mau untuk beli hari ini? Misalnya seperti itu. Itu kan martabat partai tidak terjaga," tegasnya.

Baca juga : Partai NasDem Teguhkan Posisi via Konvensi

Konvensi juga merupakan salah cara untuk menjaga demokrasi tetap sehat yang sudah banyak diterapkan di banyak negara maju.

"Partai kan harus menjaga mertabatnya sebagai institusi demokrasi. Caranya bagaimana? Ya menunjukkan komitmennya pada tahapan proses yang bisa diperankan dalam demokrasi. Misalnya kalau harus mencalonkan capres kan ada mekanisme yang ditetapkan, seperti melalui konvensi. Konvensi salah satu cara yang sudah dikembangkan dan diterapkan di negara maju," ujarnya.

Di sisi lain, Nyarwi menilai, rencana yang dilontarkan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dihadapan Presiden Joko Widodo saat penutupan Kongres NasDem, sangat arif.

"Artinya itu penjelasan resmi Pak Surya sebagai Ketum di depan Presiden. Menurut saya, itu pernyataan yang arif," pungkasnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Banser akan Gelar Apel Kebangsaan Jaga Persatuan

👤Putra Ananda 🕔Jumat 27 November 2020, 12:15 WIB
Apel Kebangsaan akan digelar secara virtual atau daring pada Minggu (29/11)) dengan melibatkan kader-kader Banser di seluruh Pulau...
MI/Susanto

Hari Ini, KPK Geledah Kantor dan Rumah Dinas Edhy Prabowo

👤Sri Utami 🕔Jumat 27 November 2020, 11:47 WIB
Deputi Penindakan KPK Karyoto mengatakan pihaknya bakal melanjutkan penggeledahan terkait kasus suap izin ekspor benur yang menyeret...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

TNI AD Siap Amankan Pilkada hingga Antisipasi HUT OPM

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 November 2020, 08:36 WIB
TNI AD sudah mempersiapkan seluruh personel berikut pendukung lain bila diminta panglima TNI mengamankan pilkada 2020, menjaga keamanan di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya