Rabu 31 Juli 2019, 17:35 WIB

Indonesia dan Kongres AS Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan

Golda Eksa | Politik dan Hukum
Indonesia dan Kongres AS Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan

MI/Golda Eksa
Menhan RI, Ryamizard Ryacudu, saat menerima kunjungan Delegasi Kongres AS House Democracy Partnership (HDP)

 

KERJA sama di bidang pertahanan antara Indonesia dan Amerika Serikat telah berada pada level strategis. Itu lantaran semakin tingginya kesamaan dan cara pandang dalam upaya merealisasikan kepentingan nasional kedua negara, khususnya di tengah kompleksitas dinamika lingkungan strategis di kawasan yang semakin berkembang.

Demikian pernyataan Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, saat menerima kunjungan Delegasi Kongres AS House Democracy Partnership (HDP) di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (31/7). Delegasi HDP dipimpin oleh anggota Kongres Senior AS David Price.

Baca juga: Surat Tugas Tim Teknis Kasus Novel Sudah Diteken Kapolri

Acara tersebut dihadiri Sekjen Kemhan, Laksamana Madya Agus Setiadji, dan beberapa pejabat eselon I dan II Kemhan. Sementara, delegasi Kongres AS yang turut dalam kunjungan, antara lain Vern Buchanan, Susan Davis, Gerry Connolly, Neal Dunn, John Rutherford, David Cicilline, dan Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan.

Pertemuan tersebut membicarakan beberapa hal. Diantaranya, upaya peningkatan kerja sama pertahanan Indonesia dan Amerika Serikat, serta kerja sama antara angkatan bersenjata kedua negara yang terjalin erat selama ini.

"Beberapa kesamaan cara pandang tersebut diantaranya ialah kesamaan dalam menilai dan mengantisipasi beberapa isu strategis yang berpotensi menjadi ancaman pertahanan dan keamanan bersama di kawasan," ujar Ryamizard melalui keterangan dari Biro Humas Setjen Kemhan.

Indonesia mengapresiasi atas dukungan Amerika Serikat dan membantu sepenuhnya terkait inisiatif Indonesia dalam mengatasi potensi ancaman terorisme dan radikalisme melalui pendekatan kerja sama trilateral Indonesia, Malaysia dan Filipina. Dukungan yang diberikan itu termasuk kerja sama intelijen dan pertukaran informasi negara-negara ASEAN melalui kerja sama Our Eyes Initiative dan upaya-upaya lainnya guna terciptanya stabilitas keamanan di kawasan.

Beberapa kerangka kesepakatan kerja sama yang berhasil dicapai Indonesia dan Amerika Serikat di bidang pertahanan, sambung dia, antara lain peningkatan saling kunjung pejabat tinggi angkatan nersenjata, penambahan siswa TNI untuk mengikuti pendidikan di Amerika Serikat, kerja sama pertukaran informasi strategis, pendidikan intelijen, serta penyelenggaran pendidikan dan latihan bagi pasukan ranger dan pasukan khusus Indonesia.

Selain itu, terang Ryamizard, adanya kemajuan kerja sama di bidang industri pertahanan ialah dengan telah ditandatanganinya MoU kerja sama antara Boeing Amerika Serikat dengan PT Dirgantara Indonesia yang berisi kerja sama pengembangan teknologi, manufaktur, perawatan, dukungan pelatihan dan sertifikasi, serta peningkatan kemampuan industri penerbangan untuk memenuhi kebutuhan TNI AU.

Ketua Delegasi Kongres Amerika Serikat, David Price, menyampaikan kunjungan Delegasi Parlemen Amerika Serikat ke Indonesia merupakan bagian dari perayaan 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Terkait kerja sama pertahanan, Kongres Amerika Serikat mengapresiasi atas terus meningkatnya kerja sama yang telah dilakukan kedua negara.

Baca juga: Pembangunan Perikanan Mewujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia

“Kami bangga sekali dengan kerja sama yang sudah kita lakukan, saya catat disini sudah ada 230 kerja sama tahunan yang sudah dilakukan kedua negara," kata Price.

Kongres Amerika Serikat, imbuhnya, juga akan terus mendukung upaya-upaya yang dilakukan Kemhan RI dan Dephan AS, serta angkatan bersenjata kedua negara, seperti dalam hal peningkatan kerja sama latihan bersama dan peningkatan profesionalisme angkatan bersenjata kedua negara, pelatihan pasukan pemelihara perdamaian, dan kerja sama penanggulangan bencana alam. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA

Jokowi Minta Jangan Tergesa-Gesa Bahas Capres 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:54 WIB
Jokowi menyinggung berbagai persoalan bangsa, antara lain, persoalan energi, pangan, dan situasi geopolitik...
MI/Vicky Gustiawan

24 Tahun Demokrasi, Aspek Politik, Sosial dan Hukum Masih Lemah

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:17 WIB
Meskipun telah menghasilkan kemajuan di bidang politik dan ekonomi, tetapi masih ada kekurangan yakni krisis politik, hukum, dan...
ANTARA FOTO/Novrian Arbi

DPR Mengkaji Penggunaan Kotak Suara dari Kardus

👤┬áSri Utami 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:30 WIB
Wakil Ketua DPR  RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Komisi II DPR untuk mengkajinya karena terkait dengan kerentanan kerusakan kertas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya