Jumat 23 Oktober 2020, 16:25 WIB

Minim Tempat Wisata, Cak Machfud Hidupkan THR dan Kawasan Marina

mediaindonesia.com | Pilkada
Minim Tempat Wisata, Cak Machfud Hidupkan THR dan Kawasan Marina

Istimewa
Cawalkot Surabaya Machfud Arifin berkomitmen menghidupkan kembali Taman Hiburan Rakyat dan membuat kawasan marina.

CALON Walikota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin berkomitmen untuk menghidupkan kembali Taman Hiburan Rakyat (THR) dan membuat kawasan marina di Kota Pahlawan. Hal ini diupayakan lantaran Kota Surabaya belum memiliki tempat wisata yang representatif bagi masyarakat luas.

Kendati Kota Surabaya memiliki nilai sejarah dan religi yang kuat seperti di kawasan Ampel, namun masih banyak potensi yang belum tersentuh untuk dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

"Surabaya masih banyak potensi yang dimiliki, THR dulu sebagai tempat pusat hiburan rakyat dan sarat akan budaya sekarang sudah tutup ini akan kita hidupkan kembali," ungkap pria kelahiran Ketintang tersebut, Jumat (23/10).

"Kawasan marina kita di Kedung Cowek juga belum tersentuh untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata padahal di tempat itu ada makam Tokoh Agama, Syech Sumbo dan kalau kita bangun masjid di depannya di tengah laut tentu akan menjadi wisata religi yang luar biasa," imbuhnya.

Lebih lanjut, Cak Machfud mengatakan di daerah kawasan Kedung Cowek terdapat bangunan berupa benteng saksi bisu sejarah Indonesia. Karenanya kawasan tersebut memiliki potensi yang tinggi untuk dijadikan salah satu tempat tujuan wisata.

Di samping itu, kawasan Kedung Cowek dan Kenjeran juga dapat terus dikembangkan menjadi pantai yang indah. Ini bertujuan agar warga Surabaya tidak jauh-jauh ke kota atau kabupaten lain jika ingin berwisata.

"Kita belum memiliki pantai padahal ada kawasan marina. Ini potensi yang sangat tinggi bagi kita untuk terus digali," kata dia.

Selain itu, Cak Machfud menjelaskan masyarakat sekitar wilayah wisata juga akan diuntungkan dengan dampak ekonomi yang ditimbulkan. Sebagai contoh, perkampungan nelayan dapat dibina menjadi sentra oleh-oleh olahan hasil laut.

"Masyarakat sekitar juga pasti akan mendapatkan keuntungan dengan banyaknya masyarakat yang datang berkunjung, karena itu potensi-potensi wisata yang ada di Kota Surabaya akan kita manfaatkan semaksimal mungkin, agar Surabaya yang maju kotane dan makmur wargane terwujud," pungkas mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma'ruf tersebut. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Belum Ada Lonjakan Kasus Covid Imbas Demo Omnibus Law di DKI

Baca Juga

ANTARA FOTO/ASWADDY HAMID

Menggapai Asa Baru di Kota Minyak

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 28 November 2020, 01:05 WIB
\Ustaz kondang Abdul Somad menilai pasangan Paisal-Amris paling layak dipilih untuk memimpin jalannya pembangunan demi kesejahteraan...
Dok. KPU MUKOMUKO

Melanjutkan Bersama Rakyat Mukomuko

👤Marliansyah 🕔Sabtu 28 November 2020, 01:00 WIB
Masyarakat sudah pintar dan cerdas serta telah melihat hasil sehingga dapat menilai kepala daerah yang pas untuk memimpin daerah Bumi...
MI/FB Bayu Anggoro

Kandidat Perempuan Sulit Mendulang Simpati

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 27 November 2020, 02:15 WIB
Dalam mengusung kandidat perempuan, partai politik harus berpijak pada kualitas, bukan calon yang muncul...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya