Sabtu 02 April 2022, 04:15 WIB

Warga Kota Padang Dilarang Pergi Balimau

YH/H-3 | Pernik
Warga Kota Padang Dilarang Pergi Balimau

ANTARA/Iggoy el Fitra
Warga menjalankan tradisi Balimau, tahun lalu.

 

PEMERINTAH Kota Padang tidak mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan balimau. "Kami bersama unsur Forkopimda, MUI, dan unsur ormas lainnya sepakat melarang kegiatan balimau. Ini kita lakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat," kata Wali Kota Padang Hendri Septa, kemarin.

Menurut Hendri, kegiatan balimau sekarang ini tidak lagi seperti ritual yang dulu-dulu. Kini lebih banyak mudaratnya karena laki-laki dan perempuan bercampur baur yang bisa mendatangkan maksiat.

Oleh karena itu, Pemkot Padang berusaha untuk menjaga agar masyarakat tidak terjerumus ke hal-hal seperti itu. "Yang penting dalam menyambut puasa ini adalah bagaimana kita menyiapkan keluarga kita untuk melakukan ibadah dengan baik di bulan puasa nanti," tutur Hendri.

Hendri juga mengimbau orangtua agar menjaga dan mengawasi anak-anak mereka supaya tidak melaksanakan kegiatan balimau itu dengan mandi di tempat pemandian umum atau tempat lainnya. "Kita bersama stakeholder terkait akan mengawasi di lapangan dan menertibkan jika ada masyarakat yang berkumpul-berkumpul melaksanakan balimau nantinya," ucap Hendri. (YH/H-3)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Safari Ramadan, Bupati Sorong Sumbang Rp100 Juta untuk Masjid

👤MS/H-2 🕔Rabu 27 April 2022, 04:15 WIB
BUPATI Sorong Johny Kamuru menggelar Safari Ramadan dan menyumbang Rp100 juta untuk pembangunan Masjid Ar Rahman di Kabupaten Sorong,...
Dok. Baznas

Baznas Salurkan Paket Ramadan untuk Yatim dan Duafa

👤Bay/H-2 🕔Selasa 26 April 2022, 04:20 WIB
Baznas bekerja sama dengan DKM Baitussalam The Green BSD Serpong menyalurkan 75 Paket Ramadan Bahagia untuk anak yatim dan duafa, juga...
MI/ARDI TERISTI HARDI

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal pada 2 Mei 2022

👤AT/H-2 🕔Selasa 26 April 2022, 04:15 WIB
PIMPINAN Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Selasa, 28 Jun 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN