Jumat 20 Januari 2023, 12:30 WIB

Ini Cara Mengatasi Bau Apek pada Helm

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Otomotif
Ini Cara Mengatasi Bau Apek pada Helm

ANTARA/Subur Atmamihardja
Ilustrasi--Seorang konsumen mengambil helmnya di sebuah tempat reparasi di Petukangan Utara, Jakarta Selatan.

 

HELM adalah barang yang wajib dipakai saat mengendarai sepeda motor. Helm yang terus menerus dipakai dapat membuat kondisi bagian dalamnya berbau tidak sedap.

Baca juga: Tips Menyimpan Sepeda Motor yang Jarang Dipakai

Bau apek pada helm disebabkan oleh beberapa faktor seperti keringat, air hujan, dan sebagainya. Helm tersebut harus segera dikeringkan agar tetap nyaman saat digunakan.

Anda juga dapat melakukan hal-hal berikut untuk mengatasi helm yang bau apek.

1. Hindari pemakaian helm saat rambut basah. 

Rambut yang basah dapat membuat bagian dalam helm lebih cepat bau dan apek. Jika Anda menggunakan pomade atau minyak rambut, bagian dalam helm tersebut dapat menjadi tidak nyaman. 

Agar helm tidak bau dan tetap wangi, gunakan shower cap tipis ketika memakai pomade atau baru keramas. Shower cap akan mencegah rambut masih basah atau menggunakan pomade bersentuhan langsung dengan helm.

2. Cuci helm.

Helm yang dipakai setiap hari harus dicuci minimal satu bulan sekali. Namun, jika dalam sekian waktu helm sudah berbau, maka helm harus segera dicuci.

3. Parfum helm.

Anda dapat menyemprotkan parfum yang mempunyai kadar alkohol yang tidak terlalu tinggi. Alkohol yang terlalu tinggi dan belum menguap, dapat membuat rambut rusak.

4. Kopi.

Bungkus kopi bubuk dalam kain kecil kemudian tinggalkan semalaman di dalam helm. Bau helm dapat hilang selama beberapa hari.

5. Dijemur di bawah matahari.

Dengan menjemur helm di bawah matahari, Anda dapat menghilangkan bakteri dan bau, juga dapat mencegah bakteri dalam helm berkembang. Spons pada helm juga dapat kembali mengembang, sehingga helm dapat kembali nyaman ketika digunakan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau apek pada helm. (Ant/OL-1)

Baca Juga

DOK. ADM

Daihatsu Resmikan Dimulainya Pembangunan Pabrik Baru di Karawang

👤RO 🕔Senin 06 Februari 2023, 20:20 WIB
Pembangunan fasilitas perakitan baru ini bertujuan agar ADM dapat terus menyediakan kendaraan berkualitas tinggi kepada pelanggan dengan...
HPM

Honda Resmikan Dealer Perdana di Lahat

👤RO 🕔Senin 06 Februari 2023, 19:45 WIB
Dealer HUL juga menjadi dealer keempat Honda di provinsi Sumatra Selatan. selain dealer Honda Union Motor, Honda Maju Mobilindo serta Honda...
NMAA

Produk Aftermarket Indonesia Siap Pameran di Osaka Automesse 2023

👤RO 🕔Senin 06 Februari 2023, 19:24 WIB
NMAA dan IMX berkomitmen untuk menyebarkan kesadaran pentingnya potensi besar industri aftermarket sebagai salah satu penopang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya