Senin 16 Januari 2023, 13:45 WIB

Tips Menyimpan Sepeda Motor yang Jarang Dipakai

RO | Otomotif
Tips Menyimpan Sepeda Motor yang Jarang Dipakai

Dok.SIS

 

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki musim penghujan di awal tahun. Saat kondisi hujan, membuat beberapa pengguna sepeda motor akan berganti alat transportasi, seperti kendaraan umum atau mobil pribadi. Kondisi itu membuat sepeda motor akan lebih sering tersimpan di rumah. 

Assistant to Service Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi, jika sepeda motor tidak digunakan atau akan disimpan di rumah dalam jangka waktu tertentu, harus memperhatikan beberapa hal agar kondisi sepeda motor tetap prima saat akan digunakan kembali. 

Mencuci sepeda motor

Sebelum disimpan sebaiknya terlebih dahulu mencuci sepeda motor untuk menghilangkan kotoran dan menghindari munculnya jamur pada bodi. Cucu segera sepeda motor setelah terkena air hujan, karena air hujan bersifat asam yang dapat berdampak buruk pada kendaraan.

Gunakan cover sepeda motor

Sarung atau cover sepeda motor memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk melindungi dari sinar UV jika disimpan di ruangan terbuka seperti carport. Cover sepeda motor juga dapat mencegah lecet atau baret akibat tergores oleh benda, hewan, atau senggolan dengan sepeda motor lain. 

Pilihlah cover sepeda motor yang sesuai dengan peruntukan indoor atau outdoor, ukuran yang cukup dan pilihan bahan yang lembut dan tidak luntur.

Memanaskan mesin sepeda motor 

Memanaskan mesin perlu dilakukan, setidaknya selama 2 hingga 3 menit  dalam jangka waktu 1 kali dalam seminggu. Akan lebih baik lagi jika sepeda motor bisa dikendarai ke luar rumah walau hanya sebentar. Kegiatan tersebut berguna untuk sirkulasi oli, dan bahan bakar.

Perhatikan keamanan kunci sepeda motor 

Meski menyimpan sepeda motor di lingkungan dalam rumah, pemilik harus tetap memperhatikan keamanannya. Oleh karena itu Suzuki menyarankan penggunaan kunci ganda untuk menghindari pencurian. Suzuki telah menyematkan teknologi keyless ignition system pada model GSX-R150 yang meningkatkan keamanan dan meminimalisasi terjadinya pencurian. 

Sistem tersebut memungkinkan GSX-R150 dapat dioperasikan tanpa anak kunci dan hanya membutuhkan remote. Model sepeda motor Suzuki lainnya pun juga telah dilengkapi dengan fitur Shutter key lock untuk menutup lubang kunci ketika sedang tidak dipakai.

Gunakan standar tengah

Tips yang tak kalah penting adalah pergunakan standar tengah (bila ada). Selain posisi kendaraan lebih kukuh dan stabil, penggunaan standar tengah juga membuat ruangan terasa lebih lega.

Lepaskan kabel aki 

Hal ini diperlukan jika kendaraan akan disimpan dalam waktu lama, untuk menjaga performa aki agar selalu siap digunakan.

“Hal ini dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan agar saat hendak digunakan kembali, sepeda motor tetap memberikan performa yang baik dan optimal, serta tampilan yang tetap terjaga. Keamanan penyimpanan juga perlu mendapat perhatian lebih agar pemilik tidak mengalami kerugian yang tidak diinginkan,” tutup Hariadi. (S-4)

Baca Juga

MI/GANA BUANA

Tren Belanja Online Pengaruhi Permintaan Kendaraan Isuzu

👤Gana Buana 🕔Jumat 27 Januari 2023, 09:14 WIB
Peningkatan harga batu bara dan crude palm oil (CPO) juga berkontribusi dalam banyaknya permintaan kendaraan niaga...
Dok. Alun Indah

Mercedes Benz Indonesia-Alun Indah-Dunex Kolaborasi Salurkan Truk Ramah Lingkungan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:59 WIB
Mercedes-Benz AXOR adalah salah satu model Euro 4 yang diluncurkan oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia...
Dok. Green Tech

Green Tech Ramaikan Pasar Motor Listrik Tanah Air

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:50 WIB
Green Tech merupakan satu-satunya motor listrik yang akan menggunakan baterai buatan Tanah Air yaitu KK...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya