Rabu 30 November 2022, 20:09 WIB

Komunitas Otomotif: Mudik Nataru, Saatnya Beralih ke BBM RON Tinggi

mediaindonesia.com | Otomotif
Komunitas Otomotif: Mudik Nataru, Saatnya Beralih ke BBM RON Tinggi

ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi. Kendaraan di jalan tol. Mudik Nataru saat yang tepat untuk beralih menggunakan BBM RON tinggi Pertamina, seperti Pertamax series.

 

MUDIK Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) menjadi saat yang tepat untuk beralih menggunakan BBM RON tinggi Pertamina, seperti Pertamax series.

Dengan perjalanan jauh, pengguna akan merasakan bahwa Pertamax tidak hanya lebih ekonomis namun juga menjaga performa kendaraan. Demikian disampaikan Humas Club Ayla Indonesia (CAI) Adjie Sambogo di Jakarta, Rabu (30/11). 

“Betul, ini saatnya. Karena dengan angka oktan yang lebih tinggi, tentu saja Pertamax membuat mesin lebih terjaga. Selain itu juga ekonomis. Apalagi untuk perjalanan jauh saat mudik, terasa banget keunggulannya,” jelas Adjie. 

Dengan pembakaran lebih sempurna, Adjie sependapat bahwa Pertamax series jauh lebih efisien dan ekonomis dibandingkan BBM dengan oktan lebih rendah. Meski dari sisi harga per liter relatif lebih tinggi dibandingkan oktan rendah, namun konsumsi Pertamax series per kilometer lebih irit. 

“Dan itu terasa untuk jarak jauh, setelah 100 Km atau bahkan 400 Km. Bahwa nilai Rupiah yang sama, bisa menempuh jarak lebih jauh. Selain itu, tentu bonusnya adalah keawetan mesin yang terjaga, sehingga biaya perawatan juga lebih rendah,” lanjutnya. 

Baca juga: Pertamina: 1 Juta Lebih Unit Kendaraan Daftar Program Subsidi Tepat

Efisiensi penggunaan BBM tersebut, lanjut Adjie juga bisa dilihat dari indikator ECO pada kendaraan.

Ketika kendaraan melaju dengan menggunakan BBM berkadar oktan lebih rendah, maka pada RPM 2.000 dengan kecepatan 60-80 Km/Jam, indikator ECO sudah tidak menyala.

Artinya, pada saat itu konsumsi BBM sudah tidak efisien. Hal ini berbeda dengan penggunaan BBM RON 92 ke atas. Pada kondisi tersebut, pada RPM 2.000 dengan kecepatan 90 km per Jam, indikator ECO masih menyala. 

“Itu yang saya rasakan, karena pernah mencoba sendiri. Ini kan menunjukkan, bahwa pada kecepatan tinggi pun, penggunaan BBM pada Pertamax masih efisien dan irit,” lanjutnya. 

Begitu pula soal performa, Adjie mengaku, merasakan sendiri kelebihan BBM RON tinggi seperti Pertamax.

Termasuk ketika beberapa kali  melakukan perjalanan jauh, baik secara pribadi maupun touring dengan komunitas. Bahkan, saat melalui medan berat dengan tanjakan ekstrim, kendaraannya tetap bisa melintasi dengan mudah. 

“Tahun lalu saya dengan istri melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bali. Pakai Pertamax terus. Enak banget rasanya. Tanjakan-tanjakan di Dieng dan Baluran misalnya, bisa dilewati dengan aman, tenaga besar sekali,” kata dia. 

Begitu juga dengan perjalanan lain, misal Jakarta ke Pacitan dan Madiun. Termasuk ketika menuju Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

“Kita sempat keliling Pulau Lombok, jalannya naik turun ke arah Gunung Rinjani. Ketika itu mobil diisi tiga orang dewasa, masih aman,” tutupnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

HYUNDAI MOTORS INDONESIA

Hyundai Stargazer Hadirkan Layanan Purna Jual Baru di Makassar

👤RO 🕔Senin 30 Januari 2023, 19:14 WIB
Melanjutkan sukses penjualan di Makassar, Hyundai Stargazer kembali hadir dengan inovasi layanan after-sales untuk perkuat keamanan dan...
Dok MI

Audi Bakal Luncurkan 20 Mobil Baru Termasuk Mobil Listrik

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 13:30 WIB
Audi telah memutuskan untuk meluncurkan 20 mobil baru pada 2026, yang mencakup serangkaian kendaraan listrik (EV) dan penerus model...
Gettyimages

Grup Volkswagen Siap Bangun 25 Ribu Titik Pengisian Daya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 13:10 WIB
Guna meningkatkan dukungan kepada pelanggannya, Grup Volkswagen siap membangun 25.000 titik fasilitas pengisian daya mobil listrik/EV di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya