Kamis 10 November 2022, 16:51 WIB

Dakodok Indonesia Juarai Hot Wheels Fan Favorite Asia Pacific

Mediaindonesia.com | Otomotif
Dakodok Indonesia Juarai Hot Wheels Fan Favorite Asia Pacific

DOK Pribadi.
Denny Kusumah bersama Dakodok.

 

PADA awal November, kombinasi antara VW Dakota dan VW Kodok bernama Dakodok kembali memperoleh gelar juara 1 Hot Wheels Fan Favorite Asia Pacific yang diadakan oleh World Hot Wheels Legend. Sebelumnya, Dakodok menjadi juara 1 di ajang Hot Wheels Legends Tour Indonesia 2022 pada Agustus lalu.

Sang modifikator Dakodok, Denny Kusumah, melakukan modifikasi yang terbilang unik dengan memotong chassis langsung dari tengah bodi mobil VW Dakota pada bagian depan lalu menyambungnya dengan bagian belakang dari VW Kodok. Hebatnya mobil ini juga dapat dikemudikan dengan handling yang normal. 

Mobil itu dicat dengan warna kombinasi merah dan putih sebagai lambang bendera Indonesia. Mobil ini sendiri dibuat sejak 2016 dan selesai pada 2022 dengan tingkat kerumitan dan kesulitan yang sangat tinggi. 

Tingkat kesulitan utama yaitu membuat kepala VW Daktota bisa masuk ke ekor VW Kodok yang secara ukuran lebih kecil. Konsep mobil ini juga melambangkan persatuan bangsa karena dibuat dari dua jenis mobil berbeda yang dikawinkan menjadi satu mobil.

"Saya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Tuhan dan seluruh masyarakat Indonesia yang telah bersatu memberikan vote di penjurian Hot Wheels Asia Pasifik. Periode voting dilakukan selama 24 jam dan posisi kita dari awal selalu tertinggal dengan Proton Malaysia tetapi di menit-menit terakhir netizen Indonesia berhasil menyalip sehingga kita menjadi juara 1 dengan selisih yang sangat tipis," ujar Denny dalam keterangan tertulis, Kamis (10/11). 

Ia mempersembahkan kemenangan ini kepada seluruh masyarakat Indonesia, rekan dan kerabat, Hot Wheels Indonesia, dan semua yang sudah terlibat dalam keseluruhan proses, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, Dakodok akan masuk ke Grand Final Hot Wheels Legend Global yang berlangsung pada 12 November 2022 secara virtual di AS. Ia pun mohon doa dan dukungannya kepada semua masyarakat Indonesia.

Di lain kesempatan, salah seorang kolektor mobil klasik, Henry Komala, mengatakan bahwa suatu kebanggaan dan prestasi yang luar biasa hasil modifikasi karya anak bangsa bisa menjadi pemenang favorit di Asia Pasifik. Ini membuktikan Indonesia selalu kaya sumber daya manusia yang berkualitas yang harus selalu kita dukung dan berikan kesempatan berprestasi di level Internasional.

Begitu pun salah seorang kolektor mobil klasik lain, Cipto Kokadir, mengatakan VW merupakan mobil rakyat yang dipergunakan sehari-hari dalam beraktivitas. "Kang Denny bisa menciptakan hasil karya mobil Dakodok luar biasa ini dari dua mobil yang biasa saja bukan dari jenis mobil-mobil mewah. Ini hasil kreasi bengkel lokal yang dikerjakan sepenuhnya oleh orang Indonesia. Hal ini juga membukitkan UMKM Indonesia juga bisa berprestasi di level dunia. Ide warna merah putih juga merupakan perwujudan nasionalisme dari warna bendera kita sebagai pemersatu bangsa."

Di Grand Final Hot Wheels Legend Global, Dakodok Indonesia akan bersaing dengan 10 semifinalis lain dari Amerika Serikat, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Pemenang akan mendapatkan kehormatan untuk diabadikan dalam bentuk miniatur Hot Wheels dengan perbandingan 1:64. (OL-14)

Baca Juga

MI/NURTJAHYADI

Mengintip Fasilitas Pembelajaran dan Pengembangan Elektrifikasi xEV Center Toyota

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 00:23 WIB
Untuk mempermudah pengunjung memahami rangkaian informasi terkait elektrifikasi, pemaparannya dibagi dalam beberapa zona yang disusun...
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Komunitas Otomotif: Mudik Nataru, Saatnya Beralih ke BBM RON Tinggi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:09 WIB
Dengan perjalanan jauh, pengguna akan merasakan bahwa Pertamax tidak hanya lebih ekonomis namun juga menjaga performa...
IMG

IMG Serah Terima 10 Unit ALVA One ke 10 Konsumen

👤RO 🕔Rabu 30 November 2022, 19:12 WIB
Serah terima 10 unit motor listrik ALVA ini sekaligus menandai dimulainya pengiriman motor listrik ALVA One kepada konsumen di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya