Jumat 09 September 2022, 17:53 WIB

Mengenal Lebih Jauh Wuling Air EV, Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau di Indonesia

Mediaindonesia.com | Otomotif
Mengenal Lebih Jauh Wuling Air EV, Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau di Indonesia

Dok. Wuling
Wuling Air EV

 

MEMASUKI usia 5 tahun di Indonesia, Wuling Motors menghadirkan gebrakan lewat peluncuran mobil listrik pertamanya lewat model Wuling Air EV.

Banyak hal yang menarik dari kehadiran Wuling Air EV. Beberapa pabrikan lain memang sudah merilis lini kendaraan listrik, namun mobil-mobil nol emisi yang telah dipasarkan di Indonesia masih tergolong mahal di harga Rp600 juta ke atas. 

Hal ini membuat mayoritas konsumen Indonesia masih kesulitan untuk menjangkau mobil listrik. Akan tetapi, kehadiran Wuling Air EV memberi jawaban sekaligus mematahkan stigma mobil listrik harus mahal. 

Bagimana tidak, Wuling Air eV dijual mulai dari Rp238 juta untuk varian standard range. Sedangkan untuk model Longe Range ditawarkan dengan harga Rp295 juta. Nominal tersebut berada di level harga mobil-mobil sejuta umat yang memang terjangkau untuk konsumen Indonesia. 

Selain harga yang terjangkai, hal lain yang membuat mobil listrik mungil ini sangat masuk akal adalah dimensi ideal untuk konsumen urban. Desain eksterior yang futuristik lewat illuminous Wuling logo dan extended horizon LED DRL pada bagian depan mobil

Bagian kabin Air EV juga menawarkan kenyamanan dengan konfigurasi 4-seater yang lega dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih lega. Aspek kenyamanan ditunjang dengan aplikasi Synthetic Leather Seat di seluruh bangku. 

Terdapat pula cup holder yang terletak persis di depan kisi-kisi AC, serta beberapa kompartemen penyimpanan barang yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang.

Selain itu, implementasi konsep modern dan futuristik juga tertuang dalam tampilan konsol tengah pada Wuling Air ev. Pada bagian ini, Rotary Gear Selector hadir sebagai pengoperasi transmisi. Konsol tengah kendaraan ini juga turut dilengkapi dengan tombol pengoperasian jendela elektrik, Electric Parking Brake, dan Auto-Vehicle Holding.

Desain Air EV yang futuristik juga ditunjang dengan sederet teknologi canggih selayaknya mobil listrik. Pada sektor Intelligent Tech Dashboard, terdapat Integrated Floating Wide Screen. 

Bagian ini terdiri dari head unit berdimensi 10,25 inci serta meter cluster berukuran 10,25 inci. Sistem hiburan head unit sudah dilengkapi dengan konektivitas internet sehingga pengguna bisa mengakses beragam hiburan yang membuat perjalanan kian menyenangkan. 

Baca juga : Mempelajari Masalah Keausan Ban Tidak Normal

Tak ketinggalan, fitur voice command berbahasa Indonesia yakni Wuling Indonesia Command (WIND) juga sudah disematkan di Air EV. Lewat fitur WIND, pengemudi ataupun penumpang bisa melakukan beragam pengoperasian kendaraan dengan perintah berbahasa Indonesia. 

Cukup dengan kata kunci 'Halo Wuling' pengemudi atau penumpang bisa membuka tutup jendela, mengakses hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon dan masih banyak yang lainnya. 

Wuling Air EV dilengkapi fitur keselamatan lengkap. Ada dua airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama. Untuk sistem pengeremannya, didukung dengan rem cakram di bagian roda depan dan belakang. 

Kemudian terdapat fitur ABS, EBD, TPMS, sound module for pedestrian warning, ISOFIX, electronic stability control (ESC) dan electric parking brake, serta Immobilizer and anti-theft alarm.

Air EV diperkuat dengan baterai Lithium Ferro-Phospate kapasitas 17,3 kWH untuk varian standard range dengan jarak tempuh lebih dari 200 km (kondisi penuh). Sedangkan versi Long Range menggunakan baterai kapasitas 26,7 kWH dengan jarak tempuh lebih dari 300 km (kondisi penuh). 

Mobil listrik ini juga dirancang untuk bisa dicas dengan mudah di rumah. "Konsepnya easy home charging. Bisa untuk voltase 220 volt yang biasa digunakan listrik di rumah," ujar Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko.

Biaya perawatan Wuling Air EV juga sangat terjangkau. Untuk servis berkala setiap 10 ribu kilometer, biaya yang dikeluarkan berkisaran Rp240 ribu hingga Rp559 ribu. 

Sehingga diperkirakan untuk biaya servis bekala yang dikeluarkan untuk 5 tahun atau 100 ribu kilometer adalah Rp3,9 jutaan.

Wuling juga memberikan garansi umum kendaraan sampai dengan 3 tahun atau 100 ribu kilometer. Selain itu Wuling turut menyediakan garansi untuk komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun atau 120 ribu kilometer, serta garansi reducer, power distribution unit dan user connection unit sampai dengan 5 tahun atau 100 ribu kilometer. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. HPM

All New BR-V Pop Park Sambangi Kota Bandung

👤RO 🕔Minggu 25 September 2022, 20:43 WIB
Kiara Artha Park dipilih oleh Honda kali ini karena memiliki suasana yang menarik dan dapat dinikmati oleh pengunjung bersama...
DOK. SUBARU INDONESIA

Subaru Serah Terima The All-New BRZ ke Delapan Konsumen Pertama

👤RO 🕔Minggu 25 September 2022, 20:14 WIB
Pada acara yang sama Subaru Indonesia juga meluncurkan aksesoris resmi 'Subaru Tecnica International (STI) Performance...
Dok.BP

SPBU BP-AKR Gelar Program Gratis 1 Liter

👤RO 🕔Jumat 23 September 2022, 20:07 WIB
Sejarah 'pom bensin' pertama di dunia merupakan apotek...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya