Sabtu 29 Januari 2022, 19:32 WIB

Menjelajahi Pulau Dewata Bersama Hyundai Creta

Mediaindonesia.com | Otomotif
 

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengundang puluhan jurnalis untuk merasakan langsung pengelaman berkendara SUV terbaru Hyundai dalam acara 'Creta Driving Day' di Bali, pada 26-27 Januari 2022. Tidak tanggung-tanggung, HMID menyiapkan 40 unit Hyundai Creta varian Prime di acara tersebut. 38 unit diantaranya berisi dua orang jurnalis, dan sisanya sebagai mobil displai.

Dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, para jurnalis langsung diarahkan ke Mana Uluwatu Resto yang berjarak sekitar 30 km untuk makan siang dan menyaksikan presentasi berbagai fitur unggulan dari Creta, diantaranya adalah Hyundai BlueLink yang memungkinkan pemilik selalu terkoneksi dengan Creta via smartphone di manapun ia berada.

Rombongan jurnalis kemudian bergerak menuju Pantai Pandawa berjarak sekitar18 km dari Mana Uluwatu Resto. Dari situ perjalanan berlanjut ke Cattamaran Beach Club yang berlokasi di Pantai Melasti Ungasan, untuk menghabiskan sisa hari sambil menikmati matahari terbenam. Perjalanan hari pertama diakhiri di Ritz Carlton di kawasan Benoa, tempat rombongan beristirahat.

Sepanjang perjalanan hari pertama, Creta melintasi berbagai kondisi jalan. Suspensinya kenyal membuat SUV 5-seater ini stabil diajak menikung cepat di persimpangan ruas Tol Bali Mandara, namun masih cukup nyaman saat melewati kasarnya permukaan tanah cadas di kawasan Pantai Pandawa.

Di ruas tol ini pula kami bisa merasakan berbagai fitur keselamatan canggih Hyundai SmartSense seperti, Fitur Lane Following Asist dan Lane Keeping Assist (LFA & LKA) yang memungkinkan kendaraan berjalan tetap pada lajurnya dan memberikan peringatan saat pengemudi pindah lajur tanpa lampu sein.

Saat pindah jalur juga didukung fitur Blind-spot Collision Assist (BCA) yang akan memberi peringatan bila ada kendaraan di lajur yang akan kita masuki. Kemudi yang ringan dan mantap mendukung kelincahan manuver di jalan bebas hambatan.

Creta Prime ditenagai mesin Smartstream G1.5 bertenaga 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm, dikombinasi transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT) yang dilengkapi mode Eco, Comfort, Smart, dan Sport. Pada mode Smart, transmisi dan mesin dapat menyesuaikan diri sesuai kondisi berkendara.

Melahap permukaan jalan tanjakan yang licin menjadi mudah dilakukan berkat adanya fitur kontrol traksi serta Hill-Start Assist Control. Ada juga Brake Hold Assist yang menahan kendaraan tanpa perlu menginjak rem.

Sistem hiburan dan informasi, tersedia lengkap di perangkat head unit dengan layar 8 inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Mendengarkan musik menjadi semakin asyik berkat kekedapan kabinnya yang patut diacungi jempol. Alhasil, berkendara menjadi semakin asyik, dan membuat tata suara garapan BOSE dengan 8 speaker sempurna membelai telinga di berbagai rentang nada. 

Creta memiliki kabin yang sangat luas yang menyisakan banyak ruang. Kesan luas semakin kuat berkat kehadiran atap panoramic lengkap dengan sun roof yang dapat dibuka secara elektris untuk membantu sirkulasi udara dalam kabin. Kualitas udara dalam kabin juga dapat terjaga berkat adanya air purifier yang terintegrasi di arm rest depan. 

Berbagai fitur yang biasa hadir di sedan-sedan mewah juga dimiliki oleh Creta. Mulai dari jok berventilasi di bagian depan, ambient mood lamp, hingga wireless smartphone charger, termasuk glove box dengan fungsi pendingin untuk menyimpan minumen kaleng agar tetap segar selama perjalanan jauh.

Di hari kedua, Kamis (27/1), Hyundai Creta diajak ke Tegukopi di kawasan Kintamani, Bangli sekitar 82 km dari Ritz Carlton Benoa.  Jalan perbukitan, berliku, menjadi ajang yang cocok untuk merasakan kemampuan transmisi pada mode Sport. Bila perlu dapat diubah ke sensasi manual melalui paddle shift di balik kemudi.

Dari Kintamani, perjalanan berakhir di Bandara Ngurah Rai, meninggalkan Pulau Dewata untuk kembali ke dunia nyata, melewatkan indahnya matahari tenggelam di batas cakrawala.

Hyundai BlueLink

Hyundai Bluelink dilengkapi fitur Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan mengetahui lokasi parkir mobil melalui Find My Car.  

Fitur canggih lainnya berupa Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking. Saat kendaraan dicuri, BluLink akan mengirimkan notifikasi dan posisi kendaraan ke smartphone pemilik dan pemilik dapat memanfaatkan Stolen Vehicle Immobilization, melalui Call Center untuk meminta operator menonaktifkan kendaraan yang dicuri.

Selain itu, terdapat ACN (Auto Collision Notification), berupa tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA) di dekat spion tengah yang dapat digunakan saat situasi darurat lainnya, seperti saat membutuhkan bantuan medis atau saat mobil mengalami kerusakan.

Selain fitur Manual/Automatic Diagnostic Report, Driving Information and Vehicle Health Report, dan Vehicle Status Check/Notification, ada pula fitur Geo-Fence Notification, Speed Notification, Valet Mode dan Idling Time Notification. (S-4)

Baca Juga

Ist/Daihatsu

Daihatsu Awali Kuartal II Dengan Kenaikan Penjualan 41,8%

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 10:46 WIB
Mengawali kuartal II, Daihatsu kembali bukukan penjualan Januari – April 2022 dengan capaian positif yang semakin mendekati...
Ist/Daihatsu

Tips Rawat Kendaraan Pasca-Mudik Libur Lebaran ala Daihatsu

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 10:36 WIB
Daihatsu bagikan tips untuk segarkan kembali kendaraan pelanggan agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang...
HPM

New Honda Brio RS Urbanite Edition Jadi Mobil Resmi Komite ISSOM 

👤RO 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:10 WIB
Honda Brio memiliki karakter sporty dan performa mesin responsif juga didukung teknologi serta fitur keselamatan terdepan, sehingga sesuai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya