Selasa 21 September 2021, 16:02 WIB

Perpanjangan Insentif PPnBM Dukung Penjualan Suzuki

RO | Otomotif
Perpanjangan Insentif PPnBM Dukung Penjualan Suzuki

SIS
.

 

MELIHAT dampak positif dari kebijakan Relaksasi PPnBM terhadap pasar otomotif nasional, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia kembali memperpanjang insentif PPnBM hingga Desember 2021 yang diumumkan pada Jumat (17/9) lalu. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut berkontribusi terhadap tren positif tersebut dengan peningkatan penjualan sebesar 60% untuk wholesales dan 38% untuk retail sales pada Agustus 2021 jika dibanding Juli 2021.

4W Marketing Director SIS Donny Saputra menyampaikan, selain penjualan bulan Agustus yang cukup baik, Suzuki juga mencatatkan kinerja yang baik untuk periode Januari-Agustus 2021. "Selama Januari sampai Agustus 2021 Suzuki mengalami peningkatan wholesales sebesar 51% dan retail sales 25% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Peningkatan penjualan terjadi sejak memasuki periode insentif PPnBM, yaitu di bulan Maret 2021. Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah memperpanjang kembali insentif PPnBM 100%," jelas Donny, Selasa (21/9).

Hal senada diungkapkan oleh Gaikindo. Menurut Gaikindo, selain berdampak pada industri otomotif, insentif PPnBM juga menciptakan multiplier effect terhadap perekonomian. Salah satunya, meningkatkan daya beli masyarakat sehingga perekonomian domestik menjadi lebih aktif. Pemberian insentif yang diprioritaskan pada kendaraan yang lebih banyak menggunakan komponen-komponen lokal juga berdampak positif bagi industri komponen di Indonesia. 

Latar belakang itulah yang membuat Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan insentif PPnBM 100% bagi kendaraan penumpang berkapasitas mesin hingga 1.500 cc, insentif PPnBM 50% untuk kendaraan penumpang 4x2 berkapasitas mesin lebih dari 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc, serta insentif PPnBM 25% untuk kendaraan penumpang 4x4 berkapasitas mesin lebih dari 1.400 cc hingga 2.500 cc. 

Penjualan Suzuki

Sepanjang Agustus 2021, Suzuki XL7 yang mendapat insentif PPnBM 100% mengalami peningkatan sebesar 103% untuk wholesales dan 33% untuk retail sales, jika dibandingkan dengan Juli 2021. Begitu pula dengan All New Ertiga yang juga mendapat insentif PPnBM 100%. Wholesales mobil keluarga tersebut naik 174% untuk periode yang sama. Sedangkan untuk retail sales naik 60%.

Di luar produk yang mendapat insentif PPnBM, penjualan New Carry Pick Up naik 51% untuk wholesales dan 40% untuk retail sales.

"Perpanjangan kembali insentif PPnBM 100% kami harap memberikan dampak positif bagi industri otomotif. Bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan Suzuki, di momen perpanjangan insentif PPnBM 100% ini kami juga menghadirkan beragam promosi dan program penjualan yang menarik," tutup Donny. (S-

Baca Juga

Antara

Intip Yuk Hyundai Creta yang Bakal Dirilis saat GIIAS November Mendatang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 10:15 WIB
Hyundai bersiap untuk merilis model baru di Indonesia dalam waktu dekat, yakni Hyundai...
VIL

Delapan ATPM Mobil Andalkan V-Kool Jadi Kaca Film OEM  

👤RO 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:39 WIB
Paket Original Equipment Manufacturer (OEM) V-Kool Silver Series sudah dipercaya sebagai kaca film standar bawaan pada mobil-mobil kelas...
MI/NURTJAHYADI-URSULA K

Resmikan Wuling Center di Indonesia Sambut Era Elektrifikasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 19:22 WIB
Wuling Center Jakarta merupakan Wuling Center pertama di dunia yang dibangun di luar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya