Jumat 09 Juli 2021, 18:42 WIB

Auto2000 Ajak Konsumen Cek Mobil di Rumah

RO | Otomotif
Auto2000 Ajak Konsumen Cek Mobil di Rumah

Auto2000
Memeriksa kendaraan

 

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali sejak 3 hingga 20 Juli 2021 membuat AutoFamily mengurangi mobilitas dan tidak sedikit yang menjalankan Work From Home (WFH). Menurut Auto2000, setelah menyelesaikan WFH, waktu luang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan mobil secara mandiri agar kondisinya selalu siap bila diperlukan.

Beberapa hal yang dapat periksa sendiri saat PPKM Darurat antara lain:

Oli Mesin

Periksa kondisi oli mesin dengan mengecek takarannya melalui dipstick dan melihat odometer untuk memantau waktu terakhir diganti. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas dan pelindung dari gesekan pada komponen mesin. Rekomendasi penggantian oli mesin adalah setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. 

Selain oli mesin, ada oli transmisi yang juga harus diperhatikan kondisinya. Namun karena posisi transmisi ada di kolong mobil, AutoFamily cukup memastikan tidak ada kebocoran di rumah transmisi dan memeriksa kapan terakhir menggantinya.

Filter-filter

Periksa kondisi saringan atau filter mobil, seperti filter oli, filter udara, dan filter bensin. Peran filter tidak bisa dianggap sepele karena berfungsi sebagai penyaring kotoran. Jika diabaikan maka akan timbul masalah yang mengganggu mengganggu sirkulasi fluida dan merusak komponen mesin. Yang tidak kalah penting adalah filter AC di kabin mobil karena jika dibiarkan akan membuat aliran udara AC terhambat dan gagal mendinginkan kabin.

Lampu-lampu dan Aki

Periksa kondisi lampu mobil seperti lampu utama, lampu kabut, lampu rem dan juga lampu sein. Langkah ini dapat dilakukan sambil memanaskan mesin mobil. Pastikan juga aki dalam kondisi prima. Aki merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga. Selain memanaskan mesin untuk mengisi ulang aki, kamu bisa menambah air aki yang kurang serta membersihkan terminal aki yang kotor untuk aki tipe basah.

Ban

Pastikan kondisi ban seperti telapak ban belum aus dan tekanan angin terjaga sesuai rekomendasi pabrik. Periksa pula dinding ban dari risiko benjol.Lakukan langkah yang sama pada ban cadangan. Jangan segan untuk mengganti ban mobil jika ditemukan masalah dengan membeli melalui Auto2000 Digiroom. Termasuk jika ingin membeli oli, filter, busi, aki, kaca film, serta komponen dan aksesoris lainnya.

Cairan kendaraan

Selain oli mesin, ada cairan lain yang tidak kalah penting yakni minyak rem, air radiator, dan washer atau pembersih kaca depan mobil. Minyak rem sangat penting oleh karenanya pastikan volumenya tidak berkurang. Pastikan air radiator cukup agar temperatur mesin stabil. Sedangkan air washer membantu wiper untuk membersihkan kaca depan supaya visibilitas pengemudi tetap terjaga.

Rem 

Perhatikan apakah ada kebocoran antara tabung penyimpan minyak rem menuju perangkat rem. Bila minyak rem berkurang cukup banyak menandakan ada masalah pada sistem pengereman. Saat memanaskan mesin, maju-mundurkan mobil dan lakukan pengereman untuk merasakan kinerjanya. Jika terasa kurang pakem artinya ada masalah, biasanya di bagian kampas rem yang mulai aus. Segera ganti karena terkait keselamatan.

Wiper

Karet wiper yang sudah mengeras dapat menggores kaca depan yang dapat mengganggu visibilitas. Periksa juga kondisi wiper belakang yang kerap terlupakan (bila ada).

"AutoFamily dapat menggunakan waktu luang di masa PPKM Darurat untuk memeriksa komponen mobil agar terjaga kondisinya. Namun, jika tidak mau repot namun tetap praktis dan nyaman, dapat memanfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service. Segera booking THS dan manfaatkan program promonya di masa PPKM Darurat," terang Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Jumat (9/7). (S-4)

Baca Juga

HPM

Jelang Seri III ITC 2021 Alvin dan Avila Bahar Kuasai Klasemen

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 22:01 WIB
Pada hari yang sama, digelar pula putaran ketiga dari One Make Race Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Honda Brio Speed Challenge...
ASTRA

Astra Gelar Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 14:41 WIB
Program ini diinisiasi sebagai wujud kepedulian Astra dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berperilaku aman...
Honda

Fitur Kolaborasi Honda-Google Meluncur Tahun Depan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 13:48 WIB
Honda dan Google telah berkolaborasi sejak 2015 dengan industri otomotif yang lebih luas untuk memperkenalkan platform Android ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya