Selasa 27 Desember 2022, 20:38 WIB

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat di Jalan Tol

RO | Otomotif
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat di Jalan Tol

AUTO2000

 

JALAN tol akan dipakai oleh banyak orang saat pergi berlibur jelang Tahun Baru 2023. Pengguna kendaraam perlu mewaspadai kondisi berbeda-beda di jalan tol. Agar lebih siaga, pahami daftar masalah di jalan tol berikut ini untuk mengantisipasi saat mengemudi mobil di masa libur Nataru 2023.

Medan Jalan Tol

Jalan tol trans Jawa relatif lurus dan membuat mudah mengantuk. Beberapa jalan tol memiliki medan jalan menanjak dan menurun sehingga perlu menjaga kewaspadaan dan memastikan mobil sanggup melaluinya. Sementara jalan tol trans Sumatra belum diketahui oleh banyak pengemudi sehingga harus lebih waspada.

Jalan Berlubang

Jalan bebas hambatan tidak selalu menyajikan jalan mulus. Terkadang ada saja lubang menganga yang kadang cukup dalam sehingga mengganggu kenyamanan, dan sangat membahayakan mengingat kecepatan kendaraan yang relatif cukup tinggi. Pengemudi dituntut selalu waspada.

Saat menemui lubang pada kecepatan tinggi, jangan sesekali mengerem atau pindah lajur mendadak untuk menghindarinya karena berpotensi mengundang kecelakaan, apalagi sampai melibatkan mobil lain. 

Bila tidak aman, cukup lepas pedal gas dan biarkan mobil menabrak lubang. Jalan perlahan dan rasakan apakah ada potensi masalah, segera berhenti kalau benar.

Ban Mobil Pecah

Jaga tekanan angin ban sesuai rekomendasi. Tekanan angin yang kurang memiliki potensi pecah ban tinggi, sementara jika tekanan angin ban terlalu tinggi membuat kendaraan sulit dikendalikan. Perhatikan kondisi telapak dan dinding ban, jika dirasa bermasalah segera ganti.

Aquaplaning

Aquaplaning kondisi dimana permukaan ban kehilangan kontak ke permukaan jalan akibat menerjang genangan air. Akibatnya ban kehilangan traksi sehingga mobil sulit dikendalikan. Kurangi kecepatan dengan melepas pedal gas bila mengalami hal ini dan jangan sesekali menginjak rem untuk mebgurangi kecepatan. Turunkan kecepatan bila turun hujan atau saat melintasi jalan basah untuk mengurangi risiko aquaplaning.

Rest Area Penuh

Rest area merupakan sarana penting saat berkendara di jalan tol untuk istirahat dan isi ulang bensin. Masalahnya saat musim libur Nataru, rest area pasti penuh oleh pengunjung yang memiliki kebutuhan sama, bahkan hingga ditutup oleh polisi supaya tidak membuat jalan tol macet. Isi bensin full sebelum masuk jalan tol dan atur strategi masuk rest area yang paling pas.

Jangan paksakan diri masuk rest area yang penuh karena akan membuang waktu untuk mencari ruang parkir. Bahkan Anda dapat terjebak cukup lama hanya untuk keluar dari rest area. Manfaatkan rest area berikutnya

Kondisi Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Periksa sistem pengereman, lampu-lampu, kebocoran cairan (oli mesin, minyak rem, minyak power steering, dan radaiator). 

Manfaatkan posko-posko siaga yang disediakan oleh Agen Pemegang Merek di sepanjang jalur perjalanan Anda. Di sana Anda bisa beristirahat dan melakukan servis ringan. Bila terjadi kerusakan serius, bisa memanfaatkan bengkel-bengkel siaga.

“Jangan lengah saat mengemudi di jalan tol mengingat ada potensi masalah yang dapat memicu kecelakaan di masa libur Tahun Baru. Urusan Toyota lebih mudah, manfaatkan Posko Siaga Auto2000 24 Jam dan Bengkel Siaga Auto2000 untuk kebutuhan servis berkala dan perbaikan mobil, gunakan fasilitas yang disediakan termasuk program promo yang menguntungkan dengan booking lewat Auto2000 Digiroom. Selamat berlibur dan semoga perjalanannya berlangsung dengan aman dan nyaman,” ujar  Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Selasa (27/12). (S-4)

Baca Juga

Dok. Yadea

Motor Listrik Yadea Masuk Indonesia, Bakal Gerak Cepat Lewat Jaringan Indomobil

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:03 WIB
Untuk memulai eksistensinya di Indonesia, Yadea menjadwalkan peluncuran resmi pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang...
BMW GROUP INDONESIA

 BMW Indonesia Luncurkan SAV New X7

👤RO 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:17 WIB
BMW X7 merupakan model BMW X terbesar dan termewah di jajaran BMW yang juga memiliki kemampuan...
MI/Yoseph

Jadi yang Pertama Berkonsep 4S, MG Operasikan Showroom di Medan

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 02 Februari 2023, 17:57 WIB
Saat ini, showroom mobil di Indonesia umumnya berkonsep 3S, tanpa unsur style. Unsur style yang dimaksud ialah keberadaan kafe di dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya