Kamis 07 Januari 2021, 04:55 WIB

Bagian Mobil yang Perlu Diperiksa seusai Liburan

Cdx/S-2 | Otomotif
Bagian Mobil yang Perlu Diperiksa seusai Liburan

MI/DWI APRIANI
Auto2000 memberikan tips untuk memastikan mobil Toyota kesayangan siap untuk dipakai kembali.

 

SELAMA dipakai berlibur, mobil kerap menempuh perjalanan cukup panjang dan melelahkan, belum lagi jika terkena macet di jalan. Auto2000 memberikan tips untuk memastikan mobil Toyota kesayangan siap untuk dipakai kembali.

Yang pertama ialah periksa kondisi ban. Pasalnya, ban melintasi berbagai kondisi jalan ketika berlibur. Saat liburan biasanya mobil membawa banyak penumpang dan barang sehingga membebani ban.

Perhatikan kondisi ban mulai tapak, dinding, hingga tekanan angin. Jangan lupa memeriksa kondisi pelek, terutama bagian bibirnya. Jika ada yang mencurigakan, segera bawa ke bengkel Auto2000 untuk pengecekan lebih lanjut.

Periksa oli mesin seusai liburan karena biasanya mesin beroperasi dalam kondisi berat akibat banyak muatan penumpang dan barang dalam perjalanan panjang. Periksa volume oli dan warnanya. Bila sudah terlalu pekat atau berubah warna, ganti dengan yang baru agar mesin kembali mendapat perlindungan.

Waspadai bagian kolong mobil dari rembesan atau kebocoran mulai oli, cairan rem, hingga cairan power steering. Periksa juga kondisi shock absorber dari kebocoran, serta kondisi karet-karet suspensi.

Periksa kondisi ketebalan kampas rem. Untuk rem cakram dapat dilihat dengan mudah, sedangkan rem tromol harus membuka ban terlebih dulu. Cek kondisi mesin. Bersihkan mesin dengan lap basah agar mudah mendeteksi adanya kebocoran.

Putar kunci kontak pada posisi ON dan perhatikan indikator di panel instrumen. Bila normal, hidupkan mesin dan dengarkan bila ada bunyi dan kondisi yang tidak lazim. Biarkan bengkel memeriksa lebih lanjut.

Periksa kondisi cairan di ruang mesin, mulai tabung radiator ( reservoir), cairan power steering, cairan rem, dan kopling (untuk transmisi manual), cairan aki, freon, dan cairan pembersih kaca.

Untuk mempermudah pemeriksaan di atas, sebaiknya cuci bersih mobil terlebih dahulu mulai dari bodi, kolong, hingga ruang mesin. Jangan lupa bersihkan kabin dan bagasi.

Pastikan tidak ada kotoran tersisa, terutama sisa-sisa makanan yang dapat mengundang serangga dan bakteri. AutoFamily juga bisa menyemprotkan bahan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman.

Auto2000 siap membantu Auto-Family yang ingin memeriksa kendaraan pascaliburan. Cukup booking lewat Auto2000 Digiroom, AutoFamily bisa melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau memanggil petugas THS-Auto2000 Home Service ke rumah.

Konsumen juga dapat berbelanja kebutuhan mobil setelah berlibur di Auto2000 Digiroom, seperti ban, peralatan car care, hingga aksesori seperti kaca fi lm. (Cdx/S-2)

Baca Juga

Mercedes-Benz Indonesia

Label Manufaktur Baru Mercedes Tawarkan Personalisasi Lebih Dalam

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 22:50 WIB
Dengan label 'MANUFAKTUR' yang baru, Mercedes-Benz memberikan kesempatan pelanggan untuk melakukan personalisasi yang lebih dalam...
Royal Enfield

Royal Enfield Umumkan Rencana Ekspedisi ke Kutub Selatan 

👤RO 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 20:43 WIB
Berangkat dari Cape Town, Afrika Selatan, pada 26 November 2021, ekspedisi ini akan melibatkan dua pengendara Royal Enfield, yaitu Lead...
BMW Group Indonesia

BMW dan MINI Gelar Acara Test Drive Terbuka di Senayan

👤RO 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 20:07 WIB
12 unit kendaraan BMW dan dua unit MINI akan ditampilkan di BMW Pavilion dan lebih dari 20 kendaraan BMW dan MINI siap untuk dicoba oleh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya