Sabtu 21 November 2020, 15:11 WIB

Memeriksa Kondisi Ban Menghadapi Musim Hujan

RO | Otomotif
Memeriksa Kondisi Ban Menghadapi Musim Hujan

Auto2000
.

 

BAN adalah satu-satunya komponen kendaraan yang kontak langsung pada permukaan jalan, oleh karena itu ban memiliki peranan penting pada kendaraan yang menyangkut aspek pengendalian hingga keselamatan berkendara. Sudah seharusnya ban mendapat perhatian khusus, terlebih di musim hujan.

Salah satu penyebab kecelakaan mobil di musim hujan adalah aquaplaning atau hydroplaning. Itu adalah kondisi dimana tekanan air terakumulasi di depan ban mobil sehingga telapak ban akan terangkat atau tidak menempel pada permukaan jalan ketika melaluinya. 

Saat itu terjadi, kendaraan akan kehilangan kendali. Kendaraan tetap akan berjalan cenderung lurus walaupun roda kemudi sudah dibelokkan akibat kehilangan traksi. 

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut langkah pemeriksaan dan perawatan ban mobil yang bisa AutoFamily lakukan.

Periksa Tekanan Angin Ban

Pastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan agar seluruh telapak ban mobil menjejak aspal jalan dengan optimal.

Perhatikan Tapak Ban

Periksa ketebalan telapak ban via Tread Wear Indicator (TWI) yang terdapat di alur telapak ban. Segera ganti ban ketika permukaan telapak ban sudah sejajar dengan indikator TWI.

Periksa Dinding Ban, dan Kondisi Pelek.

Pastikan kondisi dinding ban dalam keadaan baik. Bila ada dari potensi rusak seperti sobek atau benjol maka wajib diganti untuk menghindari risiko ban meletus dalam perjalanan.

Pastikan pelek dalam kondisi baik agar keseimbangan ban dapat terjaga. Lakukan wheel alignment (spooring) dan balancing roda, untuk mengembalikan keseimbangan dan sudut geometri seluruh roda agar dapat berputar dengan baik tanpa vibrasi yang mengganggu.

Promo Musim Hujan Auto2000

Auto2000 menyiapkan program promo November Rain yang hanya berlaku di wilayah Jabodetabek. Dalam program ini tersedia potongan harga hingga 20% untuk pembelian wiper blade, wiper fluid, ban, car care engine room treatment, cabin disinfectant, dan cabin air filter.

“Urusan Toyota lebih mudah, segera manfaatkan promo 'November Rain' dengan  booking service di Auto2000.co.id” jelas Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya, Sabtu (21/11). (S-4)

Baca Juga

MMKSI

Mitsubishi Protect untuk Melindungi Kendaraan dan Pemiliknya

👤RO 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:02 WIB
Dengan tagline Protect Your Car, Protect Your Family, MMKSI ingin menegaskan komitmen untuk memberikan layanan purnajual...
DFSK Indonesia

DFSK Luncurkan Program Promo Akhir Tahun

👤RO 🕔Selasa 01 Desember 2020, 14:32 WIB
Promo akhir tahun ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam kepemilikan kendaraan untuk membantu konsumen memenuhi seluruh...
MGMI

MG Hadir di Makassar

👤RO 🕔Selasa 01 Desember 2020, 13:13 WIB
Diler baru berstatus 3S (sales, service, spareparts) ini berlokasi di Jl AP Pettarani no 45-47, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Sulawesi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya