Kamis 16 Juli 2020, 20:45 WIB

Mobil Reli Xpander AP4 Jalani Uji Perdana 

RO | Otomotif
Mobil Reli Xpander AP4 Jalani Uji Perdana 

MMKSI
Uji coba perdana Xpander AP4 di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten pada Sabtu (11/7).

 

Setelah meluncurkan Xpander Rally Team (XRT) pada Juli 2019 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama XRT mempersiapkan kendaraan pacu yang saat ini masuk tahap uji coba perdana di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten pada Sabtu (11/7).

Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura menjelaskan, walaupun dalam kondisi sulit seperti ini perusahaannya brkomitmen tetap melanjutkan kerja sama dengan tim XRT untuk mewujudkan Crossover MPV seven-seater pertama yang dimodifikasi menjadi Xpander AP4 Rally yang akan diterjunkan di ajang reli nasional maupun internasional.

"Ini adalah salah satu upaya kami dalam mempersembahkan petualangan baru yang unik yang hanya dimiliki oleh keluarga Mitsubishi Xpander dan tentunya akan kami bagikan pengalaman ini untuk dinikmati para konsumen kami di Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura.

Sudah sejak lama Mitsubishi Motors memanfaatkan berbagai ajang motorsport secara global sebagai laboratorium alam guna menguji berbagai aspek kendaraan untuk mendapat formulasi yang pas untuk menciptakan sebuah kendaraan yang tidak hanya nyaman dan aman tetapi juga andal.

Sebagai contoh SUV Mitsubishi Pajero yang sudah dikenal kehebatannya di ajang Reli Dakar dengan merebut sejumlah gelar kejuaraan dunia. Begitu pula dengan sedan Mitsubishi Evolution yang sukses mengukir namanya di ajanng reli bergengsi WRC. Mungkin ini saatnya Mitsubishi 'menyiksa' kendaraan jenis MPV di ajang motorsport.

Xpander AP4 sendiri pertama kali hadir di Indonesia International Motor Show, April 2019 lalu dalam bentuk Xpander AP4 Concept. Pada Juli 2019 Xpander AP4 kembali hadir dalam bentuk kendaraan prototype di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Di saat bersamaan Xpander AP4 sedang digodok di Ralliart Selandia Baru, dan menjadi Crossover MPV yang dibangun dan dikembangkan untuk menjadi sebuah mobil reli. Setelah melewati proses homologasi, Xpander AP4 akhirnya hadir di Indonesia.

Meskipun demikian, mobil reli yang dibangun dari basis Mitsubishi crossover terbaru Xpander Cross itu belum sempat menunjukkan performanya di ajang Reli di Indonesia akibat pandemi covid-19 yang membuat gelaran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally dan Speed Rally di sepanjang tahun 2020 mengalami penundaan. 

Hal ini dimanfaatkan untuk melakukan pengujian lanjutan. Di uji pertama kali di Indonesia pada lintasan gravel  oleh pembalap  XRT sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar. 

"Saya sangat puas pada uji coba perdana Mitsubishi Xpander AP4 kami di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Sabtu lalu. Testing sejauh 100 kilometer itu sangat bermanfaat karena kami mendapatkan data otentik mengenai semua performance di mobil tersebut, mulai dari mesin, transmisi, suspensi dan juga sasis," papar Rifat.

Dari hasil uji coba perdana di lintasan gravel kendaraan ini menunjukkan performa dan hasil yang baik tanpa ada masalah yang berarti. Dari hasil tersebut diperoleh data-data yang berguna dalam pengembangan dan penyesuaian Xpander AP4 selanjutnya.

Rencananya selanjutnya adalah melalui tes uji coba pada lintasan aspal dalam waktu dekat, dan jika situasi sudah lebih kondusif, Xpander AP4 akan siap berpartisipasi di kejuaraan lokal sprint rally pada akhir 2020. (S-4)

Baca Juga

SIS

Suzuki Finance Indonesia Gelar Promo Khusus XL7 

👤RO 🕔Senin 25 Oktober 2021, 16:38 WIB
Sebagai apresiasi terhadap antusiasme masyarakat terhadap XL7, Suzuki memberikan promo bagi calon konsumen yang mengajukan pembelian Suzuki...
HMID

Hyundai G80 Jadi Kendaraan Resmi Tamu VIP KTT G20 2022 di Bali

👤RO 🕔Senin 25 Oktober 2021, 16:05 WIB
Genesis merupakan merek mobil mewah global dari Hyundai yang memberikan standar tertinggi dalam hal performa, desain, keamanan, dan...
Toyota Astra Motor

Plus Minus Sistem Penggerak Roda Belakang dan Roda Depan

👤RO 🕔Senin 25 Oktober 2021, 15:36 WIB
Sistem penggerak kendaraan yang banyak digunakan umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu penggerak roda depan dan penggerak roda...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya