Jumat 13 Januari 2023, 23:15 WIB

OkCoach Dorong Penggunaan Riset Dalam Pembangunan Olah Raga Nasional

Widhoroso | Olahraga
OkCoach Dorong Penggunaan Riset Dalam Pembangunan Olah Raga Nasional

HO
Publikasi peneltian olahraga OkCoach.

 

SAAT ini, dunia olah raga tidak bisa dilepaskan dari ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang terus berkembang. Penggunaan iptek, termasuk riset atau penelitian, akan bisa membantu pengembangan dunia olah raga.

Terkait hal itu, OkCoach menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UGM dan UNY Yogyakarta melakukan penelitian Long Term Athlete Development (LTAD) melalui program OkCoach Camp 2022 pada Agustus-Desember 2022. penelitian yang dilakukan melibatkan lebih dari 100 subjek.

Founder OkCoach, Pramusinto Nugroho Dewa mengatakan pihaknya berusaha untuk menjawab permasalahan yang ada di dunia olahraga, dalam hal ini bola basket yang selama ini dinilai terdapat ketidaksinkronan dalam proses yang tercipta sehingga output yang dihasilkan belum ideal.  Dewa berharap olahraga dengan dengan proses kualitas yang baik dapat diciptakan sehingga dapat berkontribusi terhadap pembangunan yang lebih merata.

"Melalui penelitian ini, kami menemukan berbagai data yang menarik, mulai dari bagaimana dukungan sekolah kepada atlet, bagaimana kompetisi yang lebih berkeadilan dapat dilaksanakan, hingga bagaimana budaya mencatat diterapkan di dunia olahraga ini berperan besar dalam perkembangan industri olahraga," ucapnya dalam keterangan yang diterima, Jumat (13/1).

OkCoach sendiri, jelasnya, adalah startup pengembangan sistem kompetisi olahraga mulai dari hulu sampai hilir. Startup ini memiliki dua produk yaitu OkCoach Learn yang berfokus pada pembelajaran baik untuk atlet, pelatih, maupun aspek lain dalam ekosistem tersebut serta OkCoach Event yaitu penyelenggaraan pertandingan sebagai tolok ukur perkembangan dari masing-masing aspek yang ada pada proses sebelumnya.

"OkCoach ingin berperan aktif dalam pembangunan karakter atlet dan pelatih melalui pembinaan yang lebih terstruktur," jelas Pramusinto.

Penelitian berjudul 'Building Sportducation through Decentralization' yang dipublikasikan di Fisipol pekan lalu, diharapkan bisa menjadi pemantik agar riset dalam bidang olahraga lebih masif dilakukan. "Dengan demikian, manfaatnya dapat lebih dirasakan oleh masyarakat di berbagai kalangan," tambah Pramusinto.

Kepala Seksi Olahraga Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Dikpora DIY Danang Agus Yuniarto memberi apresiasi atas apa yang dilakukan OkCoach. Ia berharap riset ini menjadi bagian dari pembangunan olahraga, terutama yang ada di sekolah-sekolah bisa berperan dalam menjawab permasalahan yang dialami pelajar melalui kompetisi olahraga yang didesain untuk mengatasi beberapa permasalahan yang dihadapi pelajar.

Mahditia Paramita, selaku pembina UKM Bola Basket UGM menambahkan riset ini bisa menjadi titik balik dunia olahraga Indonesia yang selama ini kurang melibatkan fokus pada output. "Orientasinya kepada perbaikan proses dan pelibatan berbagai pihak untuk berkolaborasi akan semakin menguatkan jalannya penelitian ini ke depan," jelasnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

AFP/Jamie Squire/Getty Images

Lue Bergabung dengan Staf Pelatih Timnas AS untuk Olimpiade Paris 2024

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:45 WIB
"Saya merasa sangat terhormat," ujar Lue. "Melatih timnas bolas basket AS selalu menjadi mimpi...
AFP/Tim Nwachukwu/Getty Images

Cedera, Williamson Dipastikan Absen di Laga All-Star

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:15 WIB
Williamson membukukan raihan rata-rata 26 poin, 7 rebound, dan 4,6 assist per pertandingan dalam 29 laga pada musim ini namun dia sudah...
AFP/Chris Graythen/Getty Images

Datangkan Russell, Lakers Kirim Westbrook ke Jazz

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Februari 2023, 10:45 WIB
Kesepakatan yang dilaporkan terjadi menjelang berakhirnya jendela transfer NBA akan mengakhiri kiprah Westbook di Lakers setelah hanya 1,5...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya