Senin 05 Desember 2022, 23:03 WIB

Kejuaraan Dunia Wushu Junior Jembatan Menuju Olimpiade

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Kejuaraan Dunia Wushu Junior Jembatan Menuju Olimpiade

Antara
Sejumlah atlet wushu dari berbagai negara menampilkan atraksi pada pembukaan Kejuaraan Dunia Wushu Junior.

 

KEJUARAAN Dunia Wushu Junior 2022 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Banten, pada Senin (5/12) malam. 

Kejuaraan yang diikuti 807 peserta dari 60 negara dan dua region (Hong Kong dan Makau) itu menjadi turnamen wushu terbesar yang pernah digelar. Presiden berharap turnamen internasional itu bisa menjadi sarana untuk mengenalkan Indonesia lebih dekat lagi kepada negara lain.

Jokowi, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa ajang tersebut bisa menjadi jembatan persahabatan antarbangsa. Presiden pun memberi semangat para atlet yang akan berlaga.

Baca juga: Tim Wushu Indonesia Bawa Pulang Lima Emas dari Turki

"Sebagaimana semangat unity in diversity, ajang kejuaraan ini bukan semata pertandingan. Kejuaraan ini adalah jembatan persahabatan untuk memperat tali persaudaraan antarbangsa," kata Jokowi.

"Oleh karena itu,, saya mengajak seluruh atlet untuk berlaga dengan gembira, bertanding secara sportif. Menunjukkan kemampiuan terbaik untuk meraih medali yang diharapkan," imbuhnya.

Kejuaraan junior itu merupakan edisi kedelapan. Ketua Umum PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto mengapresiasi dukungan Presiden Jokowi kepada wushu Indonesia. 

Baca juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Airlangga berharap semua atlet yang berpartisipasi bisa mengejar mimpi mereka untuk meraih emas. Total akan ada 71 emas yang akan diperebutkan pada kejuaraan tersebut. Kejuaraan junior juga akan menjadi jalan menuju Olimpiade Remaja 2026 di Senegal. 

Sejumlah atlet belia yang berpartisipasi di kejuaraan potensial untuk tampil di Senegal nantinya. Setelah Olimpiade Remaja, Airlangga berharap ada kesempatan untuk tampil di Olimpiade 2032. Sejauh ini, wushu memang belum dipertandingkan di Olimpiade.

"Dengan lebih dari 60 negara berpartisipasi pada turnamen ini, tidak ada alasan bagi IOC tidak memberi kesempatan wushu untuk dipertandingkan pada Olimpiade," tutur Airlangga.(OL-11)

 

Baca Juga

AFP

Final Tunggal Putra Australia Terbuka 2023 Tak Sekadar Perebutan Trofi Juara

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 10:03 WIB
Laga final Australia Terbuka akan menjadi unjuk ketangguhan antara Novak Djokovic (Serbia) dan Stefanos Tsitsipas (Yunani) untuk menyagel...
MI/Ramdani

Juara Bertahan Fajar/Rian Terganjal di Perempat Final

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:03 WIB
Dengan hasil ini, Fajar/Rian akan melakukan recovery terlebih dahulu sebelum turun di turnamen Badminton Asia Team Championship (BATC) 2023...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Dejan/Gloria Gagal Penuhi Target di Indonesia Masters 2023

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:25 WIB
Target yang kita harapkan lebih dari delapan besar yah, cuma ya tidak apa-apa, kita udah mati-matian. Kata Gloria seusai pertandingan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya