Senin 05 Desember 2022, 14:43 WIB

Ganda Putra RI Berambisi Incar Gelar di BWF World Tour Finals

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Ganda Putra RI Berambisi Incar Gelar di BWF World Tour Finals

AFP
Ganda putra Indonesia Muhammad Rian/Fajar Alfian saat berlaga.

 

TIM bulu tangkis Indonesia bersiap untuk berlaga di ajang Tur Final BWF 2022 yang bergulir 7-11 Desember di Bangkok, Thailand. 

Sektor ganda putra yang diwakili Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pun berambisi mengincar gelar.

Fajar/Rian mendapat posisi sebagai unggulan teratas di Tur Final, setelah mengarungi musim 2022 dengan rekor apik. Sempat kesulitan pada dua turnamen di awal tahun, mereka kemudian mampu menembus delapan final.

Adapun empat di antaranya menyabet gelar, yakni di Swiss Terbuka, Indonesia Masters, Malaysia Masters dan Denmark Terbuka.

Mereka juga terpilih ke dalam nominasi penghargaan Most Improved Players 2022 dari BWF. Atas capaian itu, Fajar/Rian berhasrat menyempurnakannya dengan gelar di Tur Final.

Baca juga: Fajar/Rian dan Rehan/Lisa Masuk Nominasi BWF Awards 2022

"Tidak menyangka bisa main World Tour Finals pertama kali langsung unggulan pertama. Juga masuk nominasi Most Improved Players 2022. Semoga kita bisa memenangi penghargaan tersebut," ungkap Rian dalam keterangannya, Senin (5/12).

"Perjuangan tahun ini sungguh tidak mudah. Hasil di dua turnamen awal kita tidak bagus, tapi alhamdulillah di akhir tahun kita bisa ada di sini. Namun, sekarang bagaimana kita fokus untuk kasih gelar untuk Indonesia," imbuh Fajar.

Meski waktu persiapan ke Tur Final tergolong pendek, Fajar/Rian mengaku tidak khawatir. Pasalnya, secara jarak dan kultur, Thailand tidak jauh berbeda dengan Indonesia, sehingga memudahkan adaptasi. Rian juga sebelumnya sempat sakit dan berkejaran dengan waktu untuk mengembalikan kebugaran.

Sementara itu, Ahsan/Hendra akan berada di posisi unggulan kedua. Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra dipastikan tidak akan berada dalam satu grup pada babak penyisihan grup.

Baca juga: Ganda Campuran RI Gagal di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

Meski belum meraih gelar musim ini, pasangan berjuluk the Daddies di sepanjang 2022, menjadi runner up pada Kejuaraan Dunia, Malaysia Masters, All England dan India Terbuka.

"Agak kaget bisa masuk lagi di World Tour Finals tapi bersyukur alhamdulillah. Persiapan juga cukup baik. Ada waktu hampir satu bulan setelah tur Eropa kemarin," jelas Ahsan.

Indonesia mendapat jatah tujuh wakil. Di sektor tunggal putra, terdapat Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Lalu pada sektor tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung.

Di ganda putri, Indonesia mengirimkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva. Sedangkan, untuk ganda campuran ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Sebagai target awal, semua wakil Indonesia mengincar lolos fase grup.(OL-11)
 

Baca Juga

ANTARA

Rans PIK kian Benamkan Satya Wacana di Dasar Klasemen IBL

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:46 WIB
Akeem Scott mencetak 14 poin bagi RANS, Duom Dawam dan Althof Dwi Satrio masing-masing mengemas 11 angka, dan Valentino Wuwungan...
Ist

Clean & Clear Dukung Timnas Putri U19 Berlaga di Piala Dunia Kriket U-20

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:16 WIB
Timnas kriket putri U19 Indonesia memulai debutnya pada Piala Dunia Kriket U-20 yang digelar di Afrika Selatan pada Januari...
Antara

Tim Voli Gresik Petrokimia Incar Poin Penuh dalam Laga Kandang

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:06 WIB
Tim voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam laga pertama di putaran kedua PLN Mobile Proliga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya