Senin 28 November 2022, 14:01 WIB

Kalahkan Australia, Kanada Raih Juara Piala Davis Pertama

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Kalahkan Australia, Kanada Raih Juara Piala Davis Pertama

AFP
Felix Auger-Aliassime

 

Sejarah baru dicatatkan Kanada dalam dunia olahraga tenis. Felix Auger-Aliassime dkk berhasil meraih gelar juara Piala Davis pertama untuk Kanada, usai menumbangkan Australia 2-0 pada Senin (28/11) dini hari.

Dua tunggal putra Kanada yakni Denis Shapovalov dan Auger-Aliassime tampil sebagia pahlawan, mereka bermain apik untuk menghajar tunggal putra Australia yakni Thanasi Kokkinakis dan Alex de Minaur dengan pertarungan dua set langsung.

Shapovalov yang tampil pada pertandingan pembuka sukses menghentikan laju Kokkinakis dengan skor 6-2 daan 6-4. Sedangkan Auger-Aliassime yang turun pada laga kedua, tampil agresif untuk  memastikan kemenangan Kanada dengan menumbangkan De Minaur dengan skor 6-3 dan 6-4.

"Sulit untuk menggambarkan emosi kami setelah kemenangan ini," kata Auger-Aliassime dikutip dari laman resmi turnamen, Senin (28/11).

"Saya dan Denis tumbuh bersama dalam olahraga Tenis, kami selalu memimpikan untuk dapat tampil di panggung ini dan bermimpi untuk memenangkan Piala Davis. Dapat meraihnya, tentu Ini momen yang luar biasa bagi diri saya dan negara," ucapnya.

Kanada telah menempuh perjalanan luar biasa sejak mereka tersingkir dalam kualifikasi oleh Belanda pada bulan Maret. Tampil sebagai pemegang wild card untuk menggantikan Russia menyusul invasi Ukraina, Kanada memanfaatkan dengan sangat baik kesempatan itu.

Dalam perjalanannya Kanada finis kedua di Grup B di belakang Spanyol pada September lalu, Mereka kemudian melanjutkan perjalanan dengan menyingkirkan Jerman di perempat final (2-1) dan Italia di semifinal (2-1).

"Kami telah memimpikan hal ini selama beberapa tahun berada di sini sebagai juara dunia, saya tak bisa berkata-kata," ucap anggota tim Kanada, Vasek Pospisil.

"Orang-orang ini (Shapovalov dan Auger-Aliassime) bukan anak kecil lagi, mereka telah menghancurkannya. Anda tidak dapat memenangkan acara ini tanpa chemistry tim yang luar biasa, kami maju sebagai satu kesatuan dan semua orang ini mewakili hal itu," jelasnya.

Kemenangan ini sekaligus mencatatkan Kanada sebagai negara ketiga di benua Amerika yang memenangkan Piala Davis, mereka bergabung bersama Amerika Serikat (32 kali juara) dan Argentina (1 kali juara). (Davis Cup/OL-12)

Baca Juga

Antara

Muhamad Iqbal Sumbang Medali Pertama di Piala Dunia Menembak ISSF

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:41 WIB
Muhamad Iqbal menjadi petembak tuan rumah pertama yang menembus final setelah dua hari turnamen...
MI/BAYU ANGGORO

BPJS Ketenagakerjaan Dukung Pemerintah Lindungi Atlet dan Pelatih

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:36 WIB
Pemerintah menilai bahwa prestasi para pelaku olahraga dapat lebih ditingkatkan, salah satunya melalui perlindungan...
AFP

Australia Terbuka Samai Rekor Nadal, Djokovic Kembali ke Puncak

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:29 WIB
Kemenangan itu amat emosional bagi Djkovic setelah dideportasi tahun lalu lantaran sikapnya menolak vaksinasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya