Rabu 16 November 2022, 18:18 WIB

IOC Terkesan dengan Rencana Jokowi Ajukan IKN untuk Olimpiade 2036

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
IOC Terkesan dengan Rencana Jokowi Ajukan IKN untuk Olimpiade 2036

AFP
Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach

 

PRESIDEN Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menyambut niat Presiden Joko Widodo yang akan mengajukan Ibu Kota Nusantara untuk pencalonan tuan rumah Olimpiade 2036. Bach mengapresiasi visi Presiden Jokowi yang menginginkan olahraga menjadi sarana perdamaian dunia.

Bach juga mengaku terkesan dengan visi Presiden Jokowi mengembangkan IKN sebagai model kehidupan berkelanjutan dengan penekanan khusus pada kesehatan dan olahraga.

"Dengan semangat itu, IOC menyambut baik kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2036 di ibu kota baru Indonesia, Nusantara," kata Bach melalui pernyataan resminya, Rabu (16/11).

Thomas Bach menjadi salah satu tamu yang diundang pada KTT G20. Pada sesi luncheon bersama para kepala negara di hari pertama, Bach turut diberi kesempatan menyampaikan pidato sebelum Presiden FIFA Gianni Infantino.

Bach mengapresiasi dukungan Jokowi terkait netralitas politik pada olahraga dan menekankan olahraga sebagai kekuatan pemersatu. Menurutnya, dukungan tersebut sangat berharga di masa sulit saat ini.

"Kami sangat berterima kasih kepada Ketua KTT G20 Presiden Joko Widodo atas dukungan yang dia nyatakan sehubungan dengan netralitas politik olahraga dan untuk menekankan kekuatan pemersatu Olimpiade dan Paralimpiade," ungkapnya.

Terkait pencalonan itu, Future Host Commission IOC selanjutnya akan berhubungan dengan Indonesia melalui Anggota IOC Erick Thohir dan Komite Olimpiade Indonesia yang dipimpin Raja Sapta Oktohari.

Pada 2019, Indonesia sempat mengajukan untuk penyelenggaraan 2032. Tahun lalu, ketika pengumuman Olimpiade 2032 jatuh ke tangan Australia yang mengajukan Brisbane sebagai lokasinya. (OL-8)

Baca Juga

AFP/Valery HACHE

Ada Olimpiade, Tour de France 2024 tidak Finis di Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:15 WIB
Tour 2024 juga akan diakhiri kemungkinan dengan individual time-trial yang menentukan alih-alih sprint finis seperti biasanya sebanyak...
AFP/Patrick McDermott/Getty Images

Pulih Dari Cedera, Middleton Dilaporkan Segera Melantai Bersama Bucks

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:45 WIB
Middleton sudah tidak bermain sejak mengalami cedera lutut kanan pada pertandingan playoff saat Bucks menghadapi Chicago Bulls, Oktober...
AFP/Gregory Shamus/Getty Images

Kalahkan Mavericks Lewat Overtime, Pistons Hentikan Rangkaian Tiga Kekalahan Beruntun

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 12:07 WIB
Bojan Bogdanovic menjadi bintang tim tuan rumah dengan mengemas 30...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya